comscore

100 Tahun Adam Malik, Menlu: Negara Harus Punya Posisi Jelas

Sonya Michaella - 18 Desember 2017 13:23 WIB
100 Tahun Adam Malik, Menlu: Negara Harus Punya Posisi Jelas
Menlu Retno (4 kiri) di Wisma Antara, Jakarta, Senin 18 Desember 2017. (Foto: Sonya Michaella)
Jakarta: Tanpa posisi yang jelas, sebuah negara bisa terombang-ambing di tengah ketidakpastian. Hal ini disampaikan secara tegas oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam peringatan 100 Tahun Adam Malik.

“Untuk menghadapi ketidakpastian dunia sekarang ini, yang paling penting adalah posisi sebuah negara itu akan ke mana, terutama di dunia internasional,” kata Menlu Retno dalam pidatonya di Wisma Antara, Jakarta, Senin 18 Desember 2017.
“Jika Anda memiliki posisi dan tahu akan ke mana, jelas kita akan bisa berkontribusi lebih dan lebih di dunia internasional untuk stabilitas dan perdamaian,” lanjut dia.

Lebih jauh lagi, Menlu Retno memasukkan isu Yerusalem ke dalam pidatonya. Ini yang menjelaskan dan menegaskan posisi Indonesia di bidang politik luar negeri.

“Posisi Indonesia di isu Yerusalem adalah contohnya. Bagaimana kita tahu posisi kita dan menempatkan posisi kita dan ke mana kita akan melangkah,” ujar Menlu Retno lagi.

Posisi Indonesia ini dikuatkan hadirnya Presiden RI Joko Widodo di KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Istanbul, Turki, pekan lalu. Menlu Retno juga hadir dalam KTT ini.

Sebelumnya, Menlu Retno telah lebih dulu bertolak ke Amman untuk bertemu dengan Menlu Yordania dan Menlu Palestina guna membicarakan krisis Yerusalem.

Setelah menghadiri KTT OKI, Menlu Retno pun bertolak ke Brrusels, tepatnya ke Markas Uni Eropa untuk menegaskan posisi Indonesia dan juga merundingkan krisis ini dengan Uni Eropa.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id