comscore

Menlu RI Bahas Indo-Pasifik dengan Mitra ASEAN

Sonya Michaella - 02 Agustus 2019 10:37 WIB
Menlu RI Bahas Indo-Pasifik dengan Mitra ASEAN
Salah satu pertemuan di KTM ASEAN adalah Indonesia dengan AS. (Foto: Dok. Kemlu RI)
Bangkok: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi terus membahas kerja sama Indo-Pasifik dengan mitra-mitra ASEAN, seperti Australia, Jepang, India, Korea Selatan dan Amerika Serikat.

"Indo Pasifik tidak hanya Indonesia yang menyampaikan tetapi banyak negara ASEAN juga yang menyampaikan isu tersebut," kata Menlu Retno dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI kepada Medcom.id, Jumat 2 Agustus 2019.
Ia mengatakan, Australia juga menyampaikan komitmen soal Indo Pasifik. ASEAN dan Australia memiliki komitmen yang sama untuk memajukan kerja sama dalam konteks tersebut.

Dengan Jepang, Menlu Retno kembali menyampaikan soal Indo Pasifik yang ditanggapi dengan baik, terutama soal kerja sama outlook ASEAN untuk konsep tersebut.

Baca: Pemimpin ASEAN Adopsi Inisiatif Indonesia Terkait Indo-Pasifik

"Dengan India, saya sampaikan lagi soal Indo Pasifik di mana India merupakan negara pertama yang memberikan respons positif soal konsep ini," tutur dia.

Sementara itu, bersama Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, Menlu Retno juga membahas soal Indo Pasifik. Menlu Retno menegaskan, Indo Pasifik dapat mengarahkan ASEAN dan dapat dijadikan alat bagi ASEAN untuk memberikan kontribusi terhadap perdamaian.

"ASEAN selalu ingin berusaha menjadi bagian dari penyelesaian masalah," tegasnya lagi.

Indo-Pasifik telah disepakati oleh para pemimpin ASEAN dalam KTT ke-34 ASEAN di Thailand pada 22 Juni 2019 lalu merupakan konsep kerja sama negara-negara sepanjang Samudra Hindia dan Pasifik dalam hal peningkatan kerja sama dengan mengedepankan prinsip keterbukaan dan penghormatan terhadap hukum internasional.


(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id