Jepang Butuh SDM Mahir dari Indonesia

    Marcheilla Ariesta - 10 Januari 2020 14:08 WIB
    Jepang Butuh SDM Mahir dari Indonesia
    Menteri Jepang Toshimitsu Motegi mengatakan, negaranya membutuhkan SDM Indonesia yang mahir. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
    Jakarta: Salah satu kerja sama yang diperkuat Indonesia dan Jepang adalah pengiriman sumber daya manusia. Menteri Jepang Toshimitsu Motegi mengatakan, negaranya membutuhkan SDM Indonesia yang mahir.

    "Indonesia memiliki SDM yang mahir dan Jepang membutuhkan SDM yang pintar seperti demikian," kata Motegi dalam pertemuan Dialog Strategis ke-7 di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat 10 Januari 2020.

    Dia mengatakan ingin memperkuat kerja sama di bidang pendidikan dan vokasi untuk menambah kualitas SDM Indonesia. Salah satunya dengan pendidikan bahasa Jepang.

    Keinginan Negeri Sakura diapresiasi Menlu Retno Marsudi. "Indonesia mengharapkan perkuatan kerja sama di bidang sumber daya manusia, termasuk melalui internship on the job training, pengembangan vokasi dan pelatihan Bahasa Jepang," serunya.

    "Jepang menyampaikan akan menerapkan sistem yang lebih mudah dan ini kita apresiasi sekali," imbuh Retno.

    Dengan bonus demografi, Indonesia memiliki keunggulan yakni generasi muda usia produktif. Karenanya, Indonesia menawarkan kepada negara-negara lain untuk bekerja sama di bidang SDM.

    Sesuai dengan visi dan misi Presiden 2020-2024, Indonesia diharuskan memiliki SDM yang unggul, salah satunya dengan menggalakkan pendidikan vokasi.

    Sementara itu, Jepang berulang kali mengatakan mereka terbuka pada pekerja asing profesional untuk mengisi profesi di sana. Salah satu profesi yang sangat dibutuhkan adalah perawat.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id