100 Warga Tewas Akibat Hujan Deras Landa India

    Medcom - 30 September 2019 17:05 WIB
    100 Warga Tewas Akibat Hujan Deras Landa India
    Banjir di India yang menewaskan 100 jiwa. Foto: AFP
    Patna: Penduduk setempat melaporkan diduga 100 orang tewas di India Utara selama tiga hari mengalami hujan lebat berturut-turut. Hujan itu menggenang jalan-jalan, rumah sakit dan rumah-rumah warga pada Senin.

    Puluhan perahu dipaksa beroperasi di jalan-jalan yang digenangi air hujan yang deras di Patna, setelah hujan lebat yang datang jauh lebih deras dari biasanya.

    “Kami mendapat laporan yang menyatakan 27 orang telah meninggal dunia di beberapa sektor wilayah dan 63 lainnya di Uttar Pradesh sejak Jumat,” kata pihak berwenang, dilansir dari Channel News Asia, mengutip AFP, Senin 30 September 2019.

    “Curah hujan pada September ini merupakan curah yang paling basah dalam lebih dari seratus tahun. Curah ini ditandai dengan turunnya kapasitas air lebih dari yang diperkirakan,” ujar para pakar cuaca.

    "Kota Patna telah mencatat curah hujan mencapai 226 milimeter (8,9 inci) sejak Jumat," kata petugas bencana Bihar, M. Ramachandru kepada AFP.

    Beberapa bukti foto menunjukkan pasien berbaring di ranjang rumah sakit dikelilingi genangan air hujan yang kotor di Nalanda Medical College dan Rumah Sakit milik pemerintah di Patna.

    “Dengan Departemen Meteorologi India, Senin, memperkirakan kelebihan curah hujan di 15 negara bagian. Musim hujan tahun ini akan berakhir sebagai yang paling basah sejak 1917,” ujar pihak pemerintah

    "Tidak ada tanda-tanda akan cerah ataupun berawan setidaknya untuk empat-lima hari mendatang," kata perwira senior IMD, Mrutyunjay Mohapatra, kepada harian itu.

    Musim hujan, yang sangat penting bagi petani di seluruh wilayah Asia Selatan, menewaskan sekitar 650 orang di India, Nepal, Bangladesh, dan Pakistan pada Juli tahun ini.

    Hujan lebat juga terjadi di India Selatan dan di Gujarat bagian barat. Musim hujan tahunan biasanya berlangsung dari Juni hingga September.



    Penulis: Rifqi Akbar



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id