comscore

Korut Sebut Situasi Covid-19 Terkendali dan Membaik

Willy Haryono - 29 Mei 2022 20:54 WIB
Korut Sebut Situasi Covid-19 Terkendali dan Membaik
Situasi di luar sebuah stasiun kereta api di Pyongyang, Korut, di tengah pembatasan Covid-19, 27 Mei 2022. (KIM Won Jin / AFP)
Pyongyang: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dan jajaran petinggi lainnya kembali mendiskusikan penanganan Covid-19 dalam pertemuan terbaru pada Minggu, 29 Mei 2022. Pertemuan terbaru mengindikasikan bahwa Korut akan segera melonggarkan serangkaian pembatasan ketat yang diterapkan sejak bulan ini.

"Pertemuan Ketua Kim Jong-un dan jajaran anggota Politburo membuat sebuah evaluasi positif mengenai situasi pandemi yang terkendali dan membaik di seantero negeri," ungkap laporan di kantor berita Korean Central News Agency (KCNA).
"Mereka juga membicarakan seputar pengimplementasian berbagai regulasi secara efektif dan terkoordinasi di tengah situasi yang stabil saat ini," lanjutnya.

Hari Minggu ini, Korut melaporkan tambahan 89.500 pasien bergejala "demam," yang menjadikan totalnya sejak awal wabah mencapai kisaran 3,4 juta. Korut tidak menyebutkan ada tidaknya kematian terbaru akibat Covid-19.

Jumlah kematian terbaru yang dilaporkan Korut adalah 69 pada Jumat kemarin. Jika dibandingkan dengan total kasus 3,4 juta, maka rata-rata kematiannya hanya 0,002 persen.

Persentase yang sangat rendah tersebut membuat banyak pakar mempertanyakan data resmi Korut. Mereka menilai angkanya sengaja dibuat rendah demi menghindari tercorengnya citra Kim Jong-un.

Para pakar menilai angka kematian akibat Covid-19 di Korut seharusnya lebih tinggi dari 69 karena sebagian besar warga di sana belum divaksinasi. Tidak hanya itu, fasilitas medis di Korut juga kurang memadai dalam menangani pasien dengan kondisi kritis.

Sejak menyebut adanya wabah Covid-19 pada 12 Mei, Korut hanya mengumumkan angka individu bergejala demam, bukan yang terinfeksi positif Covid-19.

Namun banyak pakar di luar Korut yang memandang bahwa sebagian besar individu "demam" tersebut pada kenyataannya terpapar Covid-19.

Baca:  Kim Jong-un Makamkan Mentor di Tengah Krisis Covid-19

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id