Jepang Memulai Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia

    Marcheilla Ariesta - 12 April 2021 17:04 WIB
    Jepang Memulai Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia
    Tenaga medis menyuntikkan vaksin Covid-19 ke seorang lansia di Okayama, Jepang pada 12 April 2021. (STR / JIJI PRESS / AFP)



    Tokyo: Jepang memulai vaksinasi Covid-19 untuk kelompok orang lanjut usia dengan skala yang lebih luas dari sebelumnya. Program vaksinasi ini menggunakan vaksin Pfizer-BioNTech yang dibuat di Eropa dan dikirim ke berbagai wilayah Jepang dalam kurun waktu sepekan terakhir.

    Populasi lansia di Jepang cukup besar. Program dilakukan saat dosis vaksin impor masih terbatas.






    Sekitar 2.810 lansia di Tokyo diharapkan bisa menerima suntikan vaksin Pfizer-BioNTech selama gelombang pertama. Sementara, sebagian besar wilayah di Jepang akan menerima masing-masing seribu dosis atau mungkin kurang untuk lansia.

    Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato menegaskan kembali proyeksi pemerintah bahwa mereka dapat mengamankan cukup vaksin untuk 36 juta warga Jepang berusia di atas 65 tahun pada akhir Juni.

    "Jika impor dari Uni Eropa berjalan lancar, kami mampu mendistribusikannya dengan baik kepada semua lansia," seru Kato dilansir dari Channel News Asia, Senin, 12 April 2021.

    Jepang merupakan salah satu raksasa ekonomi dunia yang memulai vaksinasi sedikit terlambat dari beberapa negara besar lain. Jepang baru memulai vaksinasi Covid-19 pada pertengahan Februari.

    Taro Kono, menteri yang bertanggung jawab atas vaksinasi, membela jadwal penyuntikan vaksin dengan alasan agar semua pemerintah daerah dapat mempersiapkan diri dengan baik.

    "Kami akan menginformasikan kepada semua prefektur mengenai berapa banyak yang dapat kami distribusikan. Nantinya mereka akan memutuskan berapa banyak yang akan dialokasikan ke tiap-tiap wilayah," tutur Kono.

    Sekitar 1,1 juta orang di Jepang -- sebagian besar petugas kesehatan -- telah menerima setidaknya satu dosis dari dua suntikan vaksin Pfizer-BioNTech sejauh ini.

    Baca:  Studi: Varian Afsel Mampu 'Bobol' Vaksin Pfizer-BioNTech

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id