Catatan WNI dari Wuhan Diterbitkan dalam Sebuah Buku

    Marcheilla Ariesta - 03 September 2020 18:07 WIB
    Catatan WNI dari Wuhan Diterbitkan dalam Sebuah Buku
    WNI dari Wuhan tiba di Indonesia. Foto: Dok. Kemlu RI.
    Jakarta: Kisah para warga negara Indonesia (WNI) yang berjuang di tengah ketakutan akan virus korona (covid-19) di kota Wuhan akhirnya dibukukan. Dalam buku berjudul 'Wuhan Darimu Aku Belajar, Karenamu Aku Merindu' tersebut diterbitkan oleh Media Indonesia Publishing.

    Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan buku ini terbit karena adanya tantangan darinya untuk para WNI penyintas Wuhan. Pada 18 Februari lalu, usai proses karantina selesai, para WNI dari Wuhan bertemu dengan Lestari dan ditantang membuat buku.

    "Saya sampaikan tulislah itu (pengalaman) kalian melalui proses penjemputan dan karantina," ujarnya dalam peluncuran buku 'Wuhan Darimu Aku Belajar, Karenamu Aku Merindu', Kamis, 3 September 2020.

    Tantangan Lestari dijawab karena para WNI yang mayoritas adalah pelajar ini sebenarnya sudah memiliki niat ke sana. Namun, mereka terkendala cara menerbitkan buku tersebut.

    Dibantu Lestari, para WNI dihubungkan dengan Media Indonesia Publishing. Buku ini kemudian rampung dalam waktu kurang lebih satu bulan usai naskah dibuat oleh para WNI.

    Lestari menuturkan bahwa para WNI ini telah melewati satu masa ketahanan adaptif untuk bertahan hidup. "Di kondisi ini, kita bertahan dan bangkit, merekonstruksi apa yang terjadi dalam kehidupan kita. Ini proses rekonstruksi yang bisa menjadi pegangan kalian," tuturnya.

    "Kalian bisa mengambilnya sebagai pelajaran," imbuh Lestari.

    Dia mengatakan sangat bangga dan terharu buku tersebut bisa diterbitkan. Menurutnya, buku itu merupakan catatan dari hati.

    Lestari berharap para penulis terus melakukan pekerjaan menulis. Cerita itu menjadi kenang-kenangan untuk mereka yang terlibat di dalamnya.

    Duta Besar RI untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun juga turut memberi selamat atas peluncuran buku yang ditulis para WNI dari Wuhan ini. Dia mengatakan kembalinya para WNI ke Indonesia merupakan keberhasilan kerja sama dari berbagai pihak.

    "Ini bagian dari sejarah yang akan dicatat. Buku ini, menjadi catatan sejarah kita," pungkasnya.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id