comscore

Turis Asing Boleh Masuk Selandia Baru Mulai Tahun Depan

Willy Haryono - 24 November 2021 08:15 WIB
Turis Asing Boleh Masuk Selandia Baru Mulai Tahun Depan
Penumpang pesawat domestik tiba di Bandara Internasional Wellington, Selandia Baru, 12 Agustus 2020. (Marty MELVILLE / AFP)
Wellington: Turis asing yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 secara lengkap diizinkan masuk ke Selandia Baru mulai 30 April 2022. Pengumuman terbaru ini disampaikan Selandia Baru pada Rabu, 24 November 2021.

Ini merupakan kelanjutan dari pelonggaran pembatasan Covid-19 yang diterapkan Selandia Baru pandemi Covid-19 memasuki negara tersebut pada Maret 2020.
Warga Selandia Baru yang sudah divaksinasi penuh di Australia dapat pulang ke negara mereka tanpa perlu menjalani karantina mulai 16 Januari, ucap Menteri Respons Covid-19 Chris Hipkins dalam konferensi pers.

"Semua warga Selandia Baru dan juga turis dari negara-negara lain dapat mulai masuk ke Selandia Baru tanpa karantina mulai 13 Februari," sambungnya.

Berdasarkan keterangan tersebut, Selandia Baru akan mulai membuka perbatasannya untuk sejumlah negara pada pertengahan Februari. Sementara perbatasan Selandia Baru akan benar-benar dibuka sepenuhnya pada akhir April tahun depan.

Sebelumnya pada Senin kemarin, Selandia Baru akan mengadopsi sebuah sistem baru agar masyarakat dapat hidup berdampingan bersama Covid-19. Rencananya, sistem baru ini akan diberlakukan mulai 3 Desember mendatang.

Sebelumnya, Selandia Baru menerapkan kebijakan nol kasus Covid-19 yang berlangsung selama berbulan-bulan. Namun karena kemunculan varian Delta yang sulit diberantas, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern terpaksa menerapkan sistem baru.
 
Kini, Selandia Baru tidak akan lagi mengejar nol kasus, melainkan beralih ke skema memperlakukan Covid-19 sebagai sebuah endemi.

"Faktanya adalah, Delta ada di sini dan tidak akan pergi. Tapi Selandia Baru mampu meredamnya karena tingkat vaksinasi kita relatif tinggi dan adanya beragam langkah penanganan lain," tutur PM Ardern.

Baca:  Selandia Baru Akan Terapkan Sistem 'Lampu Merah' untuk Hidup Bersama Covid-19

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id