comscore

AUKUS: Dubes Prancis Tuduh Australia Sengaja Lakukan Penipuan

Willy Haryono - 03 November 2021 10:49 WIB
AUKUS: Dubes Prancis Tuduh Australia Sengaja Lakukan Penipuan
Duta Besar Prancis untuk Australia, Jean-Pierre Thebault. (Ludovic MARIN / AFP)
Canberra: Duta Besar Prancis Jean-Pierre Thebault menuduh Australia "sengaja melakukan penipuan" atas kesepakatan pembelian kapal selam. Australia secara sepihak membatalkan pembelian kapal selam buatan Prancis usai mengumumkan AUKUS, kemitraan trilateral dengan Amerika Serikat dan Inggris.

Dalam pernyataan kepada National Press Club, Thebault mengatakan Prancis tidak menaruh dendam terhadap Australia atau masyarakat Australia. Prancis hanya geram terhadap segelintir tokoh Negeri Kanguru.
Pernyataan Thebault disampaikan di tengah ketegangan diplomatik antara Prancis dan Australia, yang meningkat tajam usai Presiden Emmanuel Macron menuduh Perdana Menteri Scott Morrison berbohong kepadanya mengenai perjanjian kapal selam.

PM Morrison membantah tudingan tersebut, dan juga mengaku tak terima dengan ucapan Macron yang terkesan seperti "cercaan."

Thebault mengatakan jika Australia memang tidak berniat membeli kapal selam Prancis, seharusnya perjanjian itu tidak ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne dan Menhan Peter Dutton. Penandatanganan dilakukan 17 hari sebelum pengumuman AUKUS.

"Kami merasa seperti ditikam dari belakang," ungkap Thebault, dikutip dari 9news, Rabu, 3 November 2021.

Menyerukan pernyataan senada dengan Macron, Thebault menegaskan bahwa "bola kini berada di tangan Australia" untuk memperbaiki hubungan yang rusak dengan Prancis.

Macron dan PM Morrison bertemu di sela-sela KTT G20 di Roma beberapa hari lalu. Itu adalah pertemuan pertama mereka sejak kisruh AUKUS. Saat ditanya apakah dirinya merasa PM Morrison berkata tidak jujur, Macron menjawab: "Bukan merasa lagi, tapi saya tahu (Morrison berbohong)."

Berbicara di Glasgow, PM Morrison membantah telah berbohong. Ia menegaskan dirinya tidak ingin menjadikan kisruh kapal selam dengan Prancis ini menjadi masalah pribadi. Namun di waktu bersamaan, PM Morrison mengakui bahwa Prancis sudah sewajarnya marah atas permasalahan ini.
 
Namun ia menegaskan dirinya telah menjelaskan kekhawatiran Australia mengenai kontrak kapal selam dengan Macron pada Juni lalu.

Baca:  PM Australia Tak Terima Dituduh Berbohong kepada Prancis

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id