Sempat Tertahan Lockdown, 73 WNI di India Akhirnya Direpatriasi

    Willy Haryono - 20 Mei 2020 07:16 WIB
    Sempat Tertahan Lockdown, 73 WNI di India Akhirnya Direpatriasi
    Sebanyak 73 WNI direpatriasi dari India pada Rabu 20 Mei 2020/ (Foto: KBRI New Delhi)
    New Delhi: KBRI New Delhi berhasil memfasilitasi kepulangan warga negara Indonesia yang tertahan di India melalui program repatriasi mandiri. Pemulangan WNI menggunakan penerbangan khusus maskapai Air India dari New Delhi pada Rabu 20 Mei 2020.

    Pesawat Air India dengan kode penerbangan AI 13081 berangkat dari embarkasi Indira Gandhi International Airport (IGIA) pada pukul 06.31 waktu setempat dan diperkirakan tiba di Bandara Sokerno Hatta pada 14.45 waktu Jakarta. Setibanya di Jakarta, pesawat Air India akan merepatriasi WN India dari Indonesia.

    Total penumpang repatriasi mencapai 73, yang terdiri dari 59 WNI, 13 WN India dan 1 WN Rusia. Dari 59 WNI yang ikut dalam repatriasi, 38 di antaranya adalah pelancong, 10 mahasiswa/pelajar, tiga pelatih bulutangkis, dan tujuh orang profesional.

    Program repatriasi mandiri ini adalah yang perdana dilakukan sejak diberlakukanya kebijakan penguncian wilayah (lockdown) oleh Pemerintah India pada 24 Maret lalu. Suasana haru bercampur gembira tampak dari raut wajah para WNI yang akan segera terbang ke Tanah Air, setelah hampir dua bulan tak bisa pulang karena terkena lockdown.

    "Saya sangat bersyukur dengan adanya program repatriasi mandiri ini, karena jujur saja, saya sudah hampir kehilangan harapan untuk melewati suasana Ramadan dan Idulfitri bersama keluarga tercinta di Tanah Air," ujar Hendra, salah seorang pelatih Bulutangkis asal Indonesia di salah satu akademi di negara bagian Haryana.

    Sempat Tertahan Lockdown, 73 WNI di India Akhirnya Direpatriasi
    Proses repatriasi WNI di India. (Foto: KBRI New Delhi)

    Proses pendataan WNI untuk program repatriasi mandiri tidak mudah. Hal tersebut dikarenakan keberadaan masing-masing WNI yang tersebar di beberapa negara bagian di India.

    Mereka terpaksa menempuh perjalanan jauh untuk tiba di New Delhi via jalur darat. Misalnya Jok Kwi dari negara bagian Bihar, yang harus menempuh waktu perjalanan 19 jam. Christina Carolona dari Kolkata juga menempuh perjalanan panjang, berkisar 28 jam nonstop melalui jalan darat.

    Situasi di perjalanan dengan adanya pembatasan pergerakan publik, blokade jalan di setiap perbatasan wilayah yang dijaga ketat polisi, serta peraturan menjaga jarak fisik (physical distancing), menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi WNI saat melakukan perjalanan menuju titik kumpul di New Delhi.

    Namun demikian, dengan berbekal surat jalan dan komunikasi aktif KBRI dengan kementerian dan instansi terkait, semua WNI bisa tiba di New Delhi sesuai dengan waktu yang diharapkan.

    Duta Besar Indonesia untuk India Sidharto Suryodipuro, turut melepas keberangkatan para WNI di bandara IGIA New Delhi. Ia juga berinteraksi langsung dengan para WNI untuk memastikan semua persiapan, baik administrasi maupun dokumen kesehatan.

    "Saya ucapkan selamat jalan, semoga semua tiba di Tanah Air dengan selamat hingga berkumpul kembali dengan keluarga tercinta. Seluruh tim sudah bekerja dengan baik hingga repatriasi ini bisa terlaksana sesuai dengan yang kita harapkan," ujar Dubes Arto saat proses pelepasan WNI di IGIA.

    "Repatriasi mandiri ini adalah realisasi dari komitmen Pemerintah RI dalam menjamin pelindungan kepada semua WNI di luar negeri, dan telah menjadi prioritas diplomasi Indonesia khususnya saat dunia dilanda krisis seperti sekarang ini," tambah Dubes Arto.

    Untuk kelancaran proses pemulangan, Satgas KBRI New Delhi selain menyediakan transportasi untuk penjemputan, para WNI juga diberikan informasi tentang protokol kesehatan yang harus dipatuhi selama penerbangan hingga saat ketibaan di Jakarta, termasuk kewajiban mengenakan alat pelindung diri (APD).

    Sempat Tertahan Lockdown, 73 WNI di India Akhirnya Direpatriasi
    Proses repatriasi WNI di India. (Foto: KBRI New Delhi)

    Satgas KBRI New Delhi juga membekali para WNI dengan surat keterangan jalan, surat keterangan bebas covid-19, dan surat keterangan sehat ready-to-fly yang dikeluarkan otoritas kesehatan di New Delhi. Dua hari menjelang pemulangan, KBRI New Delhi memfasilitasi semua calon penumpang untuk melakukan swab test covid-19.

    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id