WNI Hilang, Diduga Jatuh dari Kapal Tiongkok

    Marcheilla Ariesta - 27 Agustus 2020 16:01 WIB
    WNI Hilang, Diduga Jatuh dari Kapal Tiongkok
    Ilustrasi (Foto:Medcom.id/M Rizal)
    Jakarta: Seorang warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di kapal Tiongkok Lu Xing Yuan Yu 117 dilaporkan hilang. Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha menyebutkan WNI itu berinisial ACG.

    Judha menuturkan jika kapal tempat ACG bekerja, tengah berlayar di Samudera Hindia.

    "Kemenlu RI pada 25 Agustus 2020 menerima laporan secara online mengenai portal peduli WNI Kemenlu RI yang disampaikan pihak keluarga, mengenai peristiwa hilangnya seorang ABK WNI dengan inisial ACG [ada kapal Lu Xing Yuan Yu 117," kata Judha dalam jumpa pers virtual, Kamis, 27 Agustus 2020.

    Judha menuturkan, setelah mendapat laporan tersebut, pihaknya langsung melakukan langkah-langkah tindak lanjut. Pertama, Kemenlu RI berkoordinasi dengan KBRI Beijing dan KDEI Taipei.

    Langkah itu dilakukan untuk memperoleh klarifikasi masing-masing dari pihak perusahaan yang ada di Tiongkok dan agensi di Taiwan.

    "Melalui KBri Beijing, kita juga meminta kepada pemerintah Tiongkok untuk mengupayakan pencarian termasuk investigasi terhadap peristiwa hilangnya ACG tersebut," kata Judha.

    Dia menambahkan, berdasarkan dari informasi yang diterima, peristiwa itu terjadi pada 1 Agustus 2020 lalu di saat kapal tengah berlayar di Samudra Hindia.

    "Laporan tersebut disampaikan berdasarkan keterangan yang disusun kapten kapal dan disaksikan 11 ABK WNI lainnya," imbuh dia.

    Berdasar keterangan tersebut, kronologinya adalah ACG jatuh dari kapal antara pukul 04.00 hingga 06.30 waktu setempat. Kemudian setelah mengetahui hilangnya WNI tersebut, awak kapal lain berupaya melakukan pencarian di perairan yang diperkirakan tempat jatuhnya ACG, selama 72 jam.

    "Namun, pencarian tidak membuahkan hasil, dan pihak kapal melaporkan kepada perusahaan terkait hal ini," serunya.

    Judha menjelaskan jika Kemenlu telah menghubungi pihak keluarga untuk menyampaikan hal tersebut. Pihaknya juga memberitahu langkah-langkah yang telah dilakukan Kemenlu dan kementerian/lembaga terkait serta perwakilan RI di Tiongkok dan Taiwan mengenai hal ini. 

    (WAH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id