PM Australia dan Korban Selamat PD II Disuntik Vaksin Pfizer

    Willy Haryono - 21 Februari 2021 11:10 WIB
    PM Australia dan Korban Selamat PD II Disuntik Vaksin Pfizer
    PM Australia Scott Morrison menerima suntikan vaksin Covid-19 di Sydney pada Minggu, 21 Februari 2021. (Steven SAPHORE/AFP)
    Sydney: Perdana Menteri Australia Scott Morrison disuntik dosis pertama vaksin Covid-19 buatan perusahaan Pfizer dan BioNTech pada Minggu, 21 Februari 2021. Disuntiknya PM Morrison dilakukan satu hari menjelang program vaksinasi nasional Covid-19 di Australia.

    PM Morrison dan ketua badan medis Australia, Paul Kelly, menjadi satu dari sekelompok kecil orang yang menerima dosis pertama vaksin Covid-19 di fase awal vaksinasi. 

    Dilansir dari laman France 24, pemerintahan PM Morrison menargetkan 4 juta warga Australia sudah harus disuntik vaksin Covid-19 hingga Maret mendatang.

    Jane Malysiak, seorang wanita lanjut usia yang merupakan korban selamat Perang Dunia II, menjadi orang pertama yang menerima vaksin Covid-19 di Australia. Lansia beserta tenaga kesehatan merupakan kelompok prioritas dalam program vaksinasi di negara tersebut.

    "Dia ikut serta dalam hari bersejarah di negara kita," kata PM Morrison, merujuk pada Malysiak.

    Penyuntikan perdana ini dilakukan satu hari usai terjadinya demonstrasi anti-vaksinasi ribuan warga di beberapa kota besar di Australia. Di Melbourne, polisi menangkap sejumlah demonstran yang dinilai melanggar hukum.

    Menurut survey Australian National University, hampir 22 persen warga Australia mengaku tidak ingin menerima vaksin Covid-19.

    "Besok, program vaksinasi kita dimulai. Ada beberapa poin penting yang dapat diambil: vaksin ini aman dan perlu diberikan kepada mereka yang paling rentan serta berada di garis terdepan," ungkap PM Morrison.

    Program vaksinasi Covid-19 di Australia dimulai beberapa bulan setelah sejumlah besar lainnya. Vaksinasi dilakukan usai Australia mengeluarkan izin bersyarat bagi produk Pfizer pada Januari lalu.

    Baca:  Pfizer Berusaha Ringankan Syarat Suhu Penyimpanan Vaksin

    Vaksin AstraZeneca juga telah disetujui penggunaannya oleh Australia, namun belum disuntikkan kepada siapapun di Australia.

    Australia merupakan satu dari sedikit negara yang dinilai sukses dalam menangani pandemi Covid-19. Saat ini, total kasus Covid-19 di Australia hanya berada di bawah 29 ribu dengan 909 kematian.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id