Lima Pemberontak Tewas dalam Baku Tembak di Kashmir India

    Willy Haryono - 11 April 2021 18:03 WIB
    Lima Pemberontak Tewas dalam Baku Tembak di Kashmir India
    Personel paramiliter India bersiaga di Kashmir. (AFP)



    Kashmir: Pasukan India mengklaim telah membunuh lima terduga pemberontak, termasuk seorang remaja, dalam baku tembak di Kashmir bagian India pada Sabtu malam. Pertempuran terjadi usai pasukan India menyisir dua desa di wilayah Shopian dan Bijbehara, Kashmir selatan.

    "Tiga militan tewas, dan dua prajurit terluka di Shopian," kata Inspektur Jenderal Vijay Kumar, dilansir dari laman Irish Examiner pada Minggu, 11 April 2021.






    Salah satu militan yang tewas adalah remaja. Menurut keterangan beberapa pejabat Kashmir, remaja tersebut baru bergabung dengan pemberontak belum lama ini.

    Kumar mengatakan, pihaknya sudah meminta para militan untuk menyerah saat posisi mereka terdesak. Namun baku tembak terjadi karena mereka menolak tawaran pasukan India.

    Dua militan lainnya tewas dalam bentrokan di Bijbehara. Sepanjang bulan ini, setidaknya 15 militan beserta satu polisi dan seorang prajurit India tewas dalam baku tembak di Kashmir.

    Dalam sebuah keputusan mengejutkan bulan lalu, India dan Pakistan sepakat memberlakukan kembali perjanjian gencatan senjata 2003 di sepanjang perbatasan de facto yang memisahkan Kashmir antar kedua negara.

    Baca:  Pakistan Apresiasi Surat 'Itikad Baik' dari PM India

    Kendati begitu, pasukan India masih tetap menyisir pergerakan pemberontak di dalam Kashmir. Selama ini, India dan Pakistan sama-sama mengklaim keseluruhan Kashmir.

    Banyak Muslim di Kashmir India mendukung gerakan pemberontak. Mereka ingin Kashmir bergabung dengan Pakistan, atau berdiri sendiri sebagai sebuah negara independen.

    Puluhan ribu warga sipil, pemberontak, dan personel keamanan pemerintah India tewas dalam konflik berkepanjangan di wilayah sengketa tersebut.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id