Diduga Terinfeksi Covid-19, Dua Anak Harimau Putih di Pakistan Mati

    Marcheilla Ariesta - 13 Februari 2021 20:40 WIB
    Diduga Terinfeksi Covid-19, Dua Anak Harimau Putih di Pakistan Mati
    Ilustrasi bayi harimau putih. Foto: AFP.



    Lahore: Dua anak harimau putih berusia 11 minggu yang mati di kebun binatang Pakistan bulan lalu diduga terinfeksi virus korona (covid-19). Hal ini disampaikan oleh pejabat kebun binatang Pakistan.

    Anak-anak harimau itu mati di Kebun Binatang Lahore pada 30 Januari, empat hari setelah memulai pengobatan untuk virus panlukopenia kucing. Menurut pejabat kebun binatang, penyakit ini umum terjadi di Pakistan dan menyerang sistem kekebalan hewan jenis kucing.




    Tapi berdasarkan hasil autopsi, paru-paru anak harimau tersebut rusak parah. Ahli patologi menyimpulkan kedua anak harimau putih ini bisa jadi meninggal akibat Covid-19.

    Wakil Direktur Kebun Binatang Lahore, Kiran Saleem menyebutkan, anak-anak harimau merupakan bagian dari korban pandemi Covid-19 yang telah menewaskan 12.256 orang di Pakistan.

    "Setelah kematian mereka, administrasi kebun binatang melakukan tes terhadap semua petugas, dan enam orang dinyatakan positif, termasuk satu petugas yang menangani anak-anak harimau tersebut," kata Saleem, dilansir dari Channel News Asia, Sabtu, 13 Februari 2021.

    "Ini diperkuat temuan autopsi. Anak-anak harimau itu mungkin tertular virus dari orang yang menangani dan memberi mereka makan," serynya.

    Kematian harimau putih ini memicu kemarahan para aktivis hewan. Zufishan Anushay, pendiri JFK (Justice for Kiki) Animal Rescue and Shelter, mengatakan bahwa kematian dua anak harimau ini diakibatkan kelalaian manajemen dan pihak berwenang.

    "Harimau putih sangat langka dan membutuhkan habitat dan lingkungan khusus untuk hidup sehat. Dengan mengurung mereka dalam kondisi tidak higienis tanpa pengaturan medis, kami akan terus menyaksikan kejadian ini," tuturnya.

    Saleem menolak tuduhan pengabaian di kebun binatang. Ia mengatakan aktivis hak-hak hewan dipersilakan untuk mengunjungi dan memeriksa sendiri protokol keselamatan dan kebersihan di fasilitasnya.

    Baca juga: Gempa Magnitudo 6,4 Terasa di Sejumlah Kota Pakistan dan India

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id