comscore

Kim Jong-un Bertekad Tingkatkan Persenjataan Korut

Marcheilla Ariesta - 11 Juni 2022 12:46 WIB
Kim Jong-un Bertekad Tingkatkan Persenjataan Korut
Pemimpin Korut Kim Jong-un hadir dalam tayangan televisi di Seoul. Korsel, 1 Januari 2022. (Jung Yeon-je / AFP)
Pyongyang: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un bertekad keras meningkatkan jumlah persenjataan dalam upaya menjaga keamanan negara. Pernyataannya disampaikan usai pejabat Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) mengatakan bahwa Korut mungkin dapat melakukan uji coba nuklir.

Menurut laporan media nasional Korut, Korean Central News Agency (KCNA), Kim Jong-un menegaskan bahwa upaya peningkatan jumlah senjata ini merupakan bagian dari hak berdaulat yang sah untuk membela Korut dari berbagai ancaman. Kim juga meminta jajaran perwira dan ilmuwan militer Korut untuk melakukan sejumlah 'tugas militan.'
Dikutip dari VOA, Sabtu, 11 Juni 2022, KCNA tidak menyebutkan secara spesifik apa 'tugas militan' yang dimaksud Kim.

Rapat pleno Komite Sentral Partai Buruh yang berkuasa juga meninjau urusan utama negara, termasuk upaya untuk memperlambat wabah Covid-19. Rapat tersebut juga membahas kemajuan dalam tujuan ekonomi yang sangat ingin dipertahankan Kim di tengah pembatasan virus yang diperkuat. 

"Pemimpin (Kim) mengatakan hak untuk membela diri adalah masalah membela kedaulatan, mengklarifikasi sekali lagi prinsip pertarungan kekuasaan untuk kekuasaan dan pertarungan langsung partai," lapor KCNA.

Pertemuan itu terjadi di tengah rentetan provokatif demonstrasi rudal yang bertujuan memaksa Amerika Serikat untuk menerima gagasan Korut sebagai kekuatan nuklir, dan merundingkan konsesi ekonomi dan keamanan dari posisi yang kuat.

Korut selama bertahun-tahun telah melakukan uji coba senjata, walau pernah menawarkan negosiasi dengan AS dengan tujuan mencapai konsesi pada 2018 dan 2019.

Namun pembicaraan antara Pyongyang dan Washington buntu setelah runtuhnya pertemuan kedua Kim dengan Donald Trump pada Februari 2019, ketika AS menolak tuntutan Korut untuk pencabutan sanksi.

Sejak awal 2022 hingga saat ini, Korut telah membuat rekor tahunan dalam peluncuran senjata, yakni 31 rudal balistik. Rudal yang diuji termasuk demonstrasi pertama rudal balistik antarbenua (ICBM).

Baca:  Korut Uji Coba Peluncuran 8 Rudal Balistik Jarak Pendek

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id