comscore

Ledakan Guncang Kabul di Hari Kedua Jelang Libur Idulfitri

Willy Haryono - 01 Mei 2022 08:21 WIB
Ledakan Guncang Kabul di Hari Kedua Jelang Libur Idulfitri
Seorang petugas keamanan Taliban bersiaga di dekat lokasi ledakan di Kabul, Afghanistan, 29 April 2022. (Wakil KOHSAR / AFP)
Kabul: Ledakan bom mengguncang sebuah mobil van di Kabul, Afghanistan pada Sabtu, 30 April, dan menewaskan setidaknya satu orang. Ini merupakan ledakan kedua di ibu kota Afghanistan dalam dua hari terakhir, di tengah kekhawatiran meningkatnya aksi kekerasan menjelang libur Hari Raya Idulfitri.

Kelompok militan Islamic State (ISIS) mengeklaim bertanggung jawab atas ledakan di Kabul pada Sabtu kemarin, berdasarkan keterangan mereka melalui saluran Telegram.
"Seorang perempuan tewas dan tiga lainnya terluka," kata Khalid Zadran, juru bicara komandan otoritas Kabul, dikutip dari laman The Straits Times, Minggu, 1 Mei 2022.

Satu hari sebelumnya, sebuah ledakan menewaskan lebih dari 50 orang di sebuah masjid di Kabul usai Salat Jumat. Itu merupakan satu dari beberapa serangan yang ditujukan kepada masjid di Afghanistan selama bulan suci Ramadan.

Baca:  50 Orang Tewas dalam Ledakan di Masjid Kabul Afghanistan

Ali Maisam, 19, mengaku melihat ledakan yang mengguncang sebuah mobil van pada Sabtu kemarin. Saat kejadian, ia sedang berdiri di luar sebuah toko roti.

"Saya melihat ada sejumlah orang keluar dari mobil van dengan kondisi wajah yang berdarah dan terbakar. Saya melihat ada empat orang yang dibawa petugas, dan ada satu perempuan yang merupakan korban tewas," ucapnya.

Kekhawatiran atas sektor keamanan meningkat di saat Afghanistan bersiap merayakan Idulfitri untuk kali pertama di bawah kekuasaan Taliban. Grup tersebut telah kembali berkuasa di Afghanistan sejak Agustus 2021.

Sabtu kemarin, Taliban mengumumkan bahwa Idulfitri akan jatuh pada hari Minggu ini. Pengumuman disambut perayaan tembakan senjata ke udara di sejumlah jalanan Kabul sepanjang Sabtu malam.

"Kami akan memastikan keamanan masyarakat selama Idulfitri," sebut juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan bentukan Taliban, Abdul Nafee Takor.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id