comscore

PM Jepang Fumio Kishida Pertimbangkan Hadir di KTT NATO

Medcom - 06 Juni 2022 13:25 WIB
PM Jepang Fumio Kishida Pertimbangkan Hadir di KTT NATO
PM Jepang Fumio Kishida saat berada di gedung parlemen di Tokyo, 31 Mei 2022. (Kazuhiro NOGI / AFP)
Tokyo: Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dilaporkan tengah mempertimbangkan untuk hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) NATO di akhir Juni mendatang untuk mendorong koordinasi dengan Barat terkait invasi Rusia terhadap Ukraina.

Jika terlaksana, maka itu akan menjadi sikap agresif yang jarang diperlihatkan pemimpin Jepang selama ini. Meski begitu, rencana kehadiran ini sudah tercermin dari sikap Kishida yang berulang kali menentang mengenai terjadinya "kejahatan perang" Rusia di Ukraina.
Sebelumnya, Kishida mempertahankan batasan dalam hubungannya dengan Rusia ketika invasi terhadap Ukraina terjadi pada 24 Februari.

Baca:  Balas Dendam, Rusia Larang PM Jepang Masuk ke Wilayahnya

Seorang juru bicara pemerintah Jepang mengatakan bahwa para pejabat tidak dapat mengomentari isu ini. Diketahui bahwa wacana kehadiran Kishida ini pertama kali dirilis media Kyodo News pada Sabtu, 4 Juni.

KTT NATO diselenggarakan pada 29-30 Juni di ibu kota Spanyol, Madrid. Kemungkinan pertemuan itu akan bertabrakan dengan kampanye menjelang pemilu di Jepang yang dijadwalkan berlangsung pada 10 Juli.

Keputusan apa pun yang akan diambil Kishida diyakini sudah melewati pertimbangan terkait situasi politik menjelang pemilu.

NATO mengundang Jepang ke KTT tersebut, bersama dengan Australia, Selandia Baru dan Korea Selatan selaku mitranya di kawasan Asia-Pasifik.

Menurut sumber yang dikutip Reuters, Kishida berencana tiba di Madrid setelah menghadiri pertemuan Group of Seven (G7) di Jerman.

Kehadiran Kishida di KTT NATO akan dipandang sebagai pesan solidaritas internasional yang kuat atas krisis Ukraina, menurut sumber di Kyodo. (Kaylina Ivani)

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id