11 Pengungsi Rohingya Meninggal akibat Covid-19 di Bangladesh

    Willy Haryono - 21 April 2021 11:58 WIB
    11 Pengungsi Rohingya Meninggal akibat Covid-19 di Bangladesh
    Pengungsi Rohingya mengantre bantuan di kamp pengungsian di Bangladesh. (AFP)



    Cox's Bazar: Setidaknya 11 pengungsi Rohingya meninggal akibat terinfeksi Covid-19 di salah satu kamp di Cox's Bazar, Bangladesh. Sementara sekitar 507 pengungsi Rohingya lainnya dikabarkan terjangkit virus mematikan tersebut.

    Menurut keterangan otoritas Bangladesh pada Selasa kemarin, kematian pertama akibat Covid-19 di kalangan Rohingya muncul di Teknaf, satu dari dua kamp pengungsian utama di Cox's Bazar.

     



    Salah satu yang meninggal adalah pria berusia 67 tahun. Khalid Hossain, pejabat penanggung jawab kamp pengungsian di Bangladesh, mengatakan bahwa pria tersebut menjalani tes Covid-19 saat sedang dirawat atas penyakit terkait jantung.

    Diagnosis positif Covid-19 baru keluar satu hari usai pria tersebut meninggal dunia pada Minggu malam kemarin.

    Terdapat lebih dari satu juta Rohingya yang saat ini tinggal 34 kamp pengungsian di Cox's Bazar. Mereka melarikan diri dari Rakhine usai terjadinya operasi brutal militer Myanmar pada 2017.

    Baca:  Kebakaran Penampungan Rohingya: 15 Orang Tewas 400 Hilang

    Seorang pejabat lainnya dari penanggung jawab kamp, Mohammad Shamsud Douza, mengatakan bahwa setidaknya "10 pengungsi Rohingya meninggal akibat Covid-19 di kamp Ukhiya."

    "Ada 507 pengungsi yang juga terkonfirmasi terinfeksi Covid-19 sejak Maret 2020," ucap Douza, dilansir dari laman Anadolu Agency pada Rabu, 21 April 2021.

    Berdasarkan data Kantor Beda Sipil Bangladesh, sekitar 7.590 orang di Cox's Bazar telah terinfeksi Covid-19, dengan 89 di antaranya meninggal dunia.

    Bangladesh berada di bawah kebijakan penguncian (lockdown) hingga 28 April mendatang. Lockdown diterapkan di tengah melonjaknya infeksi harian Covid-19.

    Kementerian Kesehatan Bangladesh mencatat bahwa sejauh ini, total kasus Covid-19 di seantero negeri mencapai 727.780 dengan 10.588 kematian.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id