comscore

Akan Temui Joe Biden, PM Jepang Mungkin Bahas Tiongkok di LCS

Marcheilla Ariesta - 12 Maret 2021 17:08 WIB
Akan Temui Joe Biden, PM Jepang Mungkin Bahas Tiongkok di LCS
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga akan bertemu dengan Presiden Joe Biden pada April. Foto: AFP
Tokyo: Pemerintah Jepang mengumumkan Perdana Menteri Yoshihide Suga akan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat bulan depan bertemu dengan Presiden Joe Biden. Ini merupakan pertemuan tatap muka pertama keduanya setelah menjadi perdana menteri dan presiden.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Katsunobu Kato mengatakan, Suga diperkirakan menjadi pemimpin asing pertama yang ditemui Biden usai menjabat pada Januari lalu.
Perjalanan direncanakan pada paruh pertama April mendatang. Kato menuturkan kedua pemimpin akan membahas langkah-langkah pandemi, perubahan iklim, dan masalah regional lainnya, termasuk Korea Utara.

Dalam pertemuan tersebut kisruh di Laut China Timur dan Selatan juga akan menjadi pembahasan kedua kepala negara. Terlebih kini Tiongkok berusaha meningkatkan posisi mereka di wilayah perairan tersebut.

"Kami berharap dapat lebih memperkuat hubungan bilateral kami termasuk aliansi Jepang-AS dan untuk mengkonfirmasi kerja sama erat kami untuk mencapai Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," kata Kato, dilansir dari Global News, Jumat, 12 Maret 2021.

"Ini akan menjadi kesempatan baik bagi kami untuk menunjukkan kepada seluruh dunia persatuan erat aliansi Jepang-AS dan komitmen Amerika di kawasan Indo-Pasifik," imbuhnya.

Tiongkok telah membangun dan memiliterisasi pulau-pulau buatan di Laut China Selatan. Mereka menuntut klaimnya atas hampir semua perikanan dan saluran air utama di laut.

Sementara itu, Beijing juga mengklaim Kepulauan Senkaku yang dikuasai Jepang di Laut China Timur. Negeri Tirai Bambu menyebut pulau itu Diaoyu.

Tiongkok membantahnya ekspansionis dan mengatakan hanya membela hak teritorialnya.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id