Puluhan Ikan Paus Terdampar di Pesisir Selandia Baru

    Willy Haryono - 23 Februari 2021 13:14 WIB
    Puluhan Ikan Paus Terdampar di Pesisir Selandia Baru
    Seorang relawan menyiramkan air ke belasan ikan paus pilot yang terdampar di Farewell Spit, Selandia Baru pada 11 Februari 2017. (Marty MELVILLE/AFP)
    Wellington: Lebih dari 12 ikan paus pilot mati dan banyak lainnya terdampar di dekat sebuah area sempit di ujung utara South Island, Selandia Baru. Paus-paus itu tetap terdampar meski aktivis dan masyarakat sekitar telah berusaha mengembalikan mereka ke laut lepas.

    Sejumlah paus sempat terpantau berada dalam kondisi terdampar di area Farewell Spit pada Senin kemarin. Di hari yang sama pada malam hari, banyak dari mereka berenang ke arah laut lepas.

    Namun pada Selasa pagi ini, 23 Februari 2021, sebagian dari mereka ditemukan terdampar lagi di area pesisir. Sekitar 28 paus ditemukan dalam kondisi hidup, sementara 15 lainnya sudah mati.

    "Sebagian dari paus yang terdampar mulai berenang menjauh, tapi beberapa lainnya berkumpul tak jauh dari pesisir," kata juru bicara Departemen Konservasi Selandia Baru (DOC), dilansir dari laman CGTN.

    "Saat ini, belum diketahui pasti apakah paus-paus dari (Farewell) Spit akan terdampar lagi nantinya. Kita akan mengetahuinya dalam beberapa jam ke depan," lanjutnya.

    November tahun lalu, sekitar 100 paus pilot dan lumba-lumba hidung botol mati terdampar di Kepulauan Chatham, sekitar 800 kilometer di lepas pantai timur Selandia Baru.

    Baca:  Sekitar 100 Paus Pilot Mati Terdampar di Selandia Baru

    Hewan laut terdampar secara massal kerap terjadi di Kepulauan Chatham. Pada 1918, sekitar 1.000 hewan mati dalam satu insiden terdampar.
     
    Peristiwa terdamparnya ikan paus secara massal terjadi dari waktu ke waktu. Hingga saat ini, jjajaran ahli biologi kelautan belum dapat menentukan penyebab pasti terjadinya fenomena ini.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id