Bangladesh Kembali Perpanjang Lockdown Nasional Covid-19

    Willy Haryono - 04 Mei 2021 14:19 WIB
    Bangladesh Kembali Perpanjang Lockdown Nasional Covid-19
    Pemandangan di salah satu ruas jalan di kota Dhaka, Bangladesh. (MUNIR UZ ZAMAN / AFP)



    Dhaka: Pemerintah Bangladesh memutuskan memperpanjang kebijakan penguncian (lockdown) nasional hingga 16 Mei mendatang demi meredam transmisi Covid-19. Keputusan diambil usai berlangsungnya rapat kabinet yang digelar secara virtual dari Dhaka pada Senin kemarin.

    Dilansir dari laman Dhaka Tribune, Sekretaris Kabinet Bangladesh Khandker Anwarul Islam mengatakan ada beberapa pengecualian dalam lockdown, terutama di bidang transportasi umum.






    Layanan bus antar kota dan distrik akan dibuka kembali pada 6 Mei, namun perjalanan jarak jauh ditiadakan. Penerbangan domestik tetap diizinkan beroperasi.

    Baca:  Bangladesh Lockdown, Semua Transportasi Umum Ditutup

    Keputusan melarang perjalanan jarak jauh bertujuan untuk mencegah terjadinya mudik yang biasa terjadi menjelang Idulfitri. Pemerintah Bangladesh khawatir aktivitas mudik dapat memicu lonjakan kasus Covid-19.

    Sejumlah menteri Bangladesh mengatakan kepada awak media bahwa lockdown yang diterapkan sejauh ini cukup efektif dalam meredam penyebaran Covid-19. Ini terlihat dari menurunnya rata-rata kasus harian Covid-19 dalam dua pekan terakhir di Bangladesh.

    "Jika masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, rata-rata angka transmisi dan kematian otomatis menurun. Jadi dalam beberapa hari ke depan, pemerintah ingin meniadakan mudik dalam skala besar," ucap seorang menteri Bangladesh yang menolak disebutkan namanya.

    Ia mengatakan bahwa larangan perjalanan jarak jauh bertujuan untuk meminimalisasi pergerakan masyarakat. "Kami tahu orang-orang pasti akan meninggalkan Dhaka untuk merayakan Idulfitri, tak peduli seberapa keras kami mengimbau mereka," ungkapnya.

    "Kami berharap dengan larangan perjalanan jarak jauh ini, banyak orang memutuskan untuk tidak mudik. Kami mencopa strategi ini untuk mencoba meredam Covid-19," pungkas dia.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id