Total 61 Marinir AS di Jepang Terinfeksi Covid-19

    Willy Haryono - 12 Juli 2020 15:05 WIB
    Total 61 Marinir AS di Jepang Terinfeksi Covid-19
    Sebuah helikopter milik militer AS mendarat di Okinawa. (Foto: AFP)
    Okinawa: Gubernur Okinawa Denny Tamaki mendesak jajaran militer Amerika Serikat untuk mengambil tindakan pencegahan yang lebih tegas usai 61 marinir AS di wilayahnya terinfeksi virus korona (covid-19). Puluhan marinir AS dari dua pangkalan di Okinawa diketahui terjangkit covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

    Menurut laporan otoritas Okinawa pada Minggu 12 Juli 2020, total 61 marinir AS telah terinfeksi covid-19. Sebanyak 38 dari mereka berasal dari pangkalan udara Futenma, dan sisanya dari Camp Hansen.

    Militer AS menginformasikan otoritas Okinawa bahwa kedua pangkalan tersebut sudah ditutup sejak terdeteksinya kasus covid-19. Informasi mengenai 61 marinir tersebut baru dikeluarkan usai otoritas Okinawa berulang kali mendesak jajaran militer AS.

    Dalam sebuah sambungan telepon pada Sabtu kemarin, Tamaki meminta Letnan Jenderal H. Stacy Clardy dari militer AS untuk meningkatkan langkah pencegahan covid-19 ke level maksimal. Ia juga meminta agar AS berhenti mengirim personel militer ke Okinawa.

    "Warga Okinawa terkejut saat kami mendapatkan informasi (dari militer AS)," kata Tamaki dalam sebuah konferensi pers, dilansir dari laman TRT World.

    "Sangat disayangkan bahwa infeksi (covid-19) menyebar cepat di kalangan prajurit AS, sementara kami sebagai warga Okinawa berusaha keras untuk mencegahnya," sambung dia.

    Tamaki menegaskan, pihaknya meragukan militer AS telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam meminimalisasi penyebaran covid-19 di Okinawa.

    Otoritas Okinawa meminta pemerintah pusat Jepang di Tokyo untuk mendesak AS dalam memaparkan detail-detail lain seputar penyebaran covid-19 di jajaran militernya.

    Dalam sebuah pernyataan pada Jumat kemarin, militer AS mengatakan bahwa seluruh pasukan sudah menerapkan langkah tambhan untuk mencegah penyebaran covid-19. Salah satu langkah tersebut adalah melarang adanya aktivitas di luar pangkalan.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id