30 Negara Bagian di India Berlakukan Lockdown

    Arpan Rahman - 24 Maret 2020 13:03 WIB
    30 Negara Bagian di India Berlakukan <i>Lockdown</i>
    Warga mengenakan masker saat beraktivitas di jalanan New Delhi, India, 23 Maret 2020. (Foto: AFP)
    New Delhi: Sebanyak 30 negara bagian di India mendeklarasikan penutupan wilayah secara total (lockdown) di tengah mewabahnya penyakit virus korona (covid-19). Hingga saat ini, Selasa 24 Maret 2020, India mencatat 499 kasus covid-19 dengan sepuluh kematian.

    Dikutip dari NDTV, total 548 distrik di seantero India terkena kebijakan lockdown. Maharashtra dan Kerala merupakan dua negara bagian dengan jumlah kasus tertinggi covid-19, yakni 89 dan 67.

    Sejumlah distrik perbatasan di Maharashtra akan ditutup total dengan pembatasan pergerakan warga. Tamil Nadu dan Assam juga telah mengumumkan lockdown, yang akan mulai diberlakukan Selasa ini.

    Terdapat pula beberapa negara bagian yang hanya menerapkan lockdown parsial, seperti di Uttar Pradesh, Madhya Pradesh, dan Odisha. Kebijakan lockdown ini diambil oleh  masing-masing pemerintah daerah usai mendapat imbauan dari otoritas pusat di New Delhi.

    Di bawah status lockdown, ruang-ruang publik esensial seperti supermarket, tempat pengisian bahan bakar, farmasi, perbankan, dan lainnya akan tetap dibuka.

    Kebijakan lockdown di berbagai negara bagian India tidak sepenuhnya sama, namun banyak yang memberlakukannya hingga 31 Maret mendatang.

    India bukan satu-satunya negara di Asia yang memberlakukan lockdown. Sebelumnya, Malaysia juga telah menerapkan pembatasan pergerakan menyeluruh bagi semua warga di tengah pandemi.

    Untuk kawasan Asia Tenggara, Malaysia merupakan negara dengan jumlah kasus terbanyak covid-19. Lockdown di Negeri Jiran dijadwalkan berlangsung hingga akhir Maret mendatang.

    Sementara di Indonesia, Presiden Joko Widodo menegaskan tidak akan menerapkan lockdown setelah mempertimbangkan banyak hal. Jumlah kasus covid-19 di Indonesia kini mencapai 579 dengan 49 kematian dan 30 pasien sembuh.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id