comscore

Korsel akan Tingkatkan Kapabilitas Pertahanan untuk Halau Ancaman Korut

Willy Haryono - 12 Juni 2022 14:47 WIB
Korsel akan Tingkatkan Kapabilitas Pertahanan untuk Halau Ancaman Korut
Menhan Korsel Lee Jong-sup berbicara dalam acara Shangri-La Dialogue di Singapura, Minggu, 12 Juni 2022. (ROSLAN RAHMAN / AFP)
Singapura: Menteri Pertahanan Korea Selatan Lee Jong-sup mengatakan bahwa negaranya akan meningkatkan kapabilitas pertahanan dan bekerja sama erat dengan Amerika Serikat (AS) serta Jepang dalam menghalau ancaman program rudal dan nuklir Korea Utara (Korut).

Lee, berbicara dalam acara Shangri-La Dialogue di Singapura pada Minggu, 12 Juni 2022, mengatakan bahwa situasi terkini di Semenanjung Korea merupakan sebuah ancaman global. Ia mendesak Korut untuk segera mengakhiri program senjatanya.
Bulan ini, AS memperingatkan bahwa Korut tengah bersiap melakukan uji coba nuklir ketujuh. Jika itu terjadi, AS akan kembali mendorong sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bagi Korut.

"Pemerintah Korea Selatan akan memperkuat kapabilitas agar bisa lebih baik dalam mengimplementasikan langkah-langkah pencegahan yang dilakukan Amerika Serikat," ucap Lee, dikutip dari laman Nikkei Asia.

"Kami juga akan memperkuat kapabilitas respons militer Korsel untuk menghalau ancaman rudal dan nuklir Korut," sambungnya.

Sabtu kemarin, Korut menunjuk Choe Son-hui sebagai menteri luar negeri perempuan pertama di negara tersebut. Choe merupakan diplomat senior yang selama ini menangani negosiasi nuklir Korut.

Sejak awal 2022 hingga kini, Korut telah melakukan setidaknya 18 uji coba senjata. AS khawatir uji coba berikutnya akan melibatkan nuklir. Lee mengatakan bahwa Korsel akan menawarkan dukungan ekonomi kepada Korut jika negara tetangganya itu mengakhiri program nuklir.

"Jika Korea Utara melakukan kemajuan substansial dalam denuklirisasi, maka pemerintah kami akan menjalankan sebuah rencana yang dapat membantu perekonomian dan kualitas kehidupan masyarakat mereka," ungkap Lee.

Baca:  Korut Tunjuk Menlu Perempuan Pertama di Tengah Spekulasi Uji Coba Nuklir

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id