Menteri Taiwan Siap Bertanggung Jawab atas Kecelakaan Kereta

    Willy Haryono - 04 April 2021 16:03 WIB
    Menteri Taiwan Siap Bertanggung Jawab atas Kecelakaan Kereta
    Keluarga korban berdoa di lokasi kecelakaan kereta di wilayah pegunungan Hualien di Taiwan pada 3 April 2021. (Sam Yeh / AFP)



    Taipei: Menteri Transportasi Taiwan menegaskan dirinya tidak akan lari dari tanggung jawab atas kecelakaan kereta api yang telah menewaskan 51 orang. Ia mengatakan semua kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Taiwan adalah tanggung jawabnya.

    Jumat kemarin, sebanyak 51 orang dinyatakan tewas dan ratusan lainnya luka-luka usai sebuah kereta padat penumpang menabrak truk di dekat kota Hualien. Tabrakan membuat sejumlah gerbong kereta terguling dan keluar rel.






    Berbicara di lokasi kejadian, Menteri Transportasi Taiwan Lin Chia-lung mengaku akan bertanggung jawab atas kecelakaan fatal tersebut.

    "Saya juga bertanggung jawab dalam meminimalisasi dampak dari keseluruhan kecelakaan. Setelah upaya penyelamatan selesai, saya akan mengemban tanggung jawab penuh," ujar Lin, dikutip dari laman Asahi Shimbun pada Minggu, 4 April 2021.

    Premier Taiwan Su Tseng-chang mengaku menerima permohonan pengunduran diri dari Lim secara verbal pada Sabtu kemarin. Namun Su menolak pengunduran diri tersebut, dan menegaskan bahwa fokus saat ini adalah penyelamatan dan pemulihan.

    Truk yang ditabrak kereta diketahui meluncur bebas dari sebuah jalan menurun sehingga melintang di rel. Otoritas Taiwan sedang menyelidiki apakah manajer proyek konstruksi, Lee Yi-hsiang, bertanggung jawab atas truk tersebut.

    Lee telah dibebaskan dengan uang jaminan, namun selang beberapa waktu dibatalkan atas permohonan jaksa. Lee dan pengacaranya belum bersedia berkomentar kepada awak media.

    Baca:  Jaksa Taiwan Ajukan Surat Penangkapan Tersangka Kecelakaan Kereta

    Kementerian Transportasi Taiwan dan badan perkeretaapian menerima gelombang pertanyaan dari publik, termasuk mengapa tidak ada pagar pembatas di lokasi proyek konstruksi dan kenapa kereta yang mengalami kecelakaan dipadati begitu banyak orang.

    Wakil Menteri Transportasi Taiwan Wang Kwo-tsai mengatakan bahwa secara pribadi, ia merasa tragedi ini dipicu keteledoran pihak manajemen proyek konstruksi yang berada dekat perlintasan kereta.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id