comscore

Tiongkok dan AS Umumkan Pakta Iklim yang Mengejutkan di KTT COP26

Fajar Nugraha - 11 November 2021 16:07 WIB
Tiongkok dan AS Umumkan Pakta Iklim yang Mengejutkan di KTT COP26
AS dan Tiongkok sepakati pakta perubahan iklim di COP26. Foto: AFP


"Kedua belah pihak mengakui bahwa ada kesenjangan antara upaya saat ini dan tujuan Perjanjian Paris sehingga kami akan bersama-sama memperkuat aksi iklim," kata utusan iklim Beijing Xie Zhenhua.

Serius dan mendesak

Sebuah dokumen yang menguraikan perjanjian tersebut mencakup fokus pada penurunan emisi metana, yang digambarkan Kerry sebagai "satu-satunya cara tercepat dan paling efektif untuk membatasi pemanasan".
Dikatakan kedua belah pihak akan bertemu secara teratur untuk "mengatasi krisis iklim".

Dokumen tersebut juga menekankan perlunya meningkatkan upaya emisi dalam jangka pendek, dengan para ilmuwan memperingatkan bahwa upaya emisi sebelum 2030 sangat penting untuk menghentikan bencana pemanasan global.

Deklarasi itu mengatakan, “kedua negara mengakui keseriusan dan urgensi krisis iklim".

“Kedua negara berkomitmen untuk mengatasinya melalui tindakan percepatan masing-masing dalam dekade kritis tahun 2020-an," isi dokumen itu.

Tiongkok dan AS adalah dua penghasil emisi terbesar di dunia dan bersama-sama menyumbang hampir 40 persen dari semua polusi karbon.

AS telah mengatakan pihaknya berencana untuk menjadi netral karbon pada tahun 2050. Sementara Tiongkok mengumumkan niatnya bulan lalu untuk mencapai emisi nol bersih sebelum tahun 2060.

Kesepakatan iklim Paris 2015 mengikat negara-negara untuk bekerja membatasi kenaikan suhu global antara 1,5 derajat Celcius dan 2 derajat Celcius melalui pengurangan emisi.

Perserikatan Bangsa-Bangsa  (PBB) mengatakan bahwa rencana pengurangan emisi semua negara secara bersama-sama, saat ini ditetapkan untuk menghangatkan Bumi 2,7 derajat Celcius pada tahun 2100.

Namun Sekjen PBB Antonio Guterres menyambut baik pakta AS-Tiongkok.

"Menangani krisis iklim membutuhkan kolaborasi dan solidaritas internasional, dan ini merupakan langkah penting ke arah yang benar," pungkasnya melalui pernyataan di Twitter.

(FJR)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id