comscore

Tiongkok dan AS Umumkan Pakta Iklim yang Mengejutkan di KTT COP26

Fajar Nugraha - 11 November 2021 16:07 WIB
Tiongkok dan AS Umumkan Pakta Iklim yang Mengejutkan di KTT COP26
AS dan Tiongkok sepakati pakta perubahan iklim di COP26. Foto: AFP
Glasgow: Tiongkok dan Amerika Serikat pada Rabu 10 November 2021 berjanji untuk bekerja sama untuk mempercepat aksi mengatasi perubahan iklim dekade ini. Kedua negara pun sepakat dalam sebuah pakta baru yang mengejutkan dalam menghadapi pemanasan global yang telah mendatangkan bencana di seluruh dunia.

Pengumuman itu datang ketika KTT COP26 yang genting di Glasgow memasuki hari-hari terakhirnya yang penting, dengan para negosiator bergulat dengan cara-cara untuk membatasi pemanasan global hingga 1,5-2 derajat Celcius dari tingkat pra-industri.
"Dokumen ini berisi pernyataan kuat tentang ilmu pengetahuan yang mengkhawatirkan, kesenjangan emisi, dan kebutuhan mendesak untuk mempercepat tindakan untuk menutup kesenjangan itu," kata utusan khusus AS John Kerry kepada wartawan dalam sebuah pengumuman mengejutkan, seperti dikutip AFP, Kamis 11 November 2021.

“(Pakta) ini berkomitmen untuk serangkaian tindakan penting sekarang dekade ini ketika dibutuhkan,” tutur Kerry.

Rencana tersebut ringan pada target konkret tetapi berat pada simbolisme politik pada konferensi yang dimulai dengan AS dan Tiongkok -,dua penghasil emisi terbesar di dunia,- tampaknya berselisih.

Pekan lalu Presiden AS Joe Biden mengkritik keputusan Presiden Tiongkok Xi Jinping untuk tidak menghadiri KTT Glasgow, dengan mengatakan Tiongkok "pergi".

Negeri Tirai Bambu memberikan membalas pada saat itu, tetapi hubungan tampaknya telah mencair menjelang pembicaraan bilateral yang telah lama ditunggu-tunggu minggu depan.

Pada Rabu, baik utusan AS dan Tiongkok menekankan kolaborasi negara mereka, dengan mengatakan bahwa mereka telah sepakat untuk mengesampingkan perbedaan lain untuk bekerja pada iklim.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id