Tiongkok Batasi Visa Bagi Warga AS Terkait Hong Kong

    Marcheilla Ariesta - 29 Juni 2020 20:09 WIB
    Tiongkok Batasi Visa Bagi Warga AS Terkait Hong Kong
    Jubir Kemenlu Tiongkok Zhao Lijian. Foto: AFP.
    Beijing: Tiongkok akan memberlakukan pembatasan visa bagi warga Amerika Serikat (AS) yang terkait dengan Hong Kong. Pembatasan ini sebagai serangan balasan untuk hal serupa yang dilakukan AS.

    "Skema AS untuk menghalangi pengesahan undang-undang keamanan nasional Hong Kong tidak akan pernah membuahkan hasil," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Zhao Lijian, dilansir dari AFP, Senin 29 Juni 2020.

    Dia menegaskan bahwa langkah yang dilakukan pemerintah Tiongkok adalah balasan atas kebijakan Amerika Serikat. "Untuk menargetkan tindakan salah AS, Tiongkok telah memutuskan untuk memberlakukan pembatasan visa terhadap individu Amerika yang telah berperilaku buruk pada hal-hal yang berkaitan dengan Hong Kong," imbuhnya.

    Jumat pekan lalu, pemerintahan Presiden AS Donald Trump mengatakan pihaknya membatasi visa AS untuk sejumlah pejabat Tiongkok. Pembatasan visa itu tidak ditentukan waktunya.

    Alasan pembatasan visa tersebut karena melanggar kebebasan di wilayah pusat keuangan dunia, Hong Kong.

    Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan para pejabat yang menjadi sasaran pembatasan visa bertanggung jawab atas kerusuhan yang terjadi di Hong Kong.

    Pekan lalu, Senat AS dengan suara bulat menyetujui Rancangan Undang-Undang yang akan menjatuhkan sanksi ekonomi wajib di AS terhadap pejabat Tiongkok dan polisi Hong Kong yang diidentifikasi menyakiti warga di Hong Kong.

    Zhao memperingatkan, AS seharusnya tidak menerapkan RUU yang dianggap negatif tersebut. "AS seharusnya tidak meninjau atau menerapkan RUU negatif yang relevan mengenai Hong Kong, bahkan lebih kurang memaksakan sanksi terhadap Tiongkok," pungkasnya.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id