India Segera Mulai Uji Vaksin Covid-19 kepada Manusia

    Willy Haryono - 30 Juni 2020 14:09 WIB
    India Segera Mulai Uji Vaksin Covid-19 kepada Manusia
    Ilustrasi vaksin. (Foto: AFP)
    New Delhi: India bersiap menggelar uji klinis vaksin virus korona (covid-19) kepada manusia pada Juli mendatang. Nantinya, para relawan di India akan diimunisasi dengan vaksin covid-19 buatan lokal.

    Vaksin di India ini diproduksi perusahaan Bharat Biotech yang berbasis di Hyderabad. Perusahaan tidak menyebutkan berapa banyak relawan yang mengikuti uji klinis tersebut.

    Bharat telah melakukan uji klinis vaksin covid-19 terhadap hewan. Hasil tes mengindikasikan vaksin mereka relatif aman dan dapat memicu respons imunitas secara efektif.

    Uji klinis di India ini merupakan satu dari banyak yang berlangsung di berbagai penjuru dunia. Saat ini ada sekitar 120 program vaksin covid-19 yang sedang dikembangkan.

    Produk buatan Bharat ini dibuat dari jenis virus covid-19 yang telah diisolasi secara lokal di India. Bharat diizinkan Pemerintah India untuk melakukan uji klinis kepada manusia usai menyerahkan sejumlah hasil studi, yang memperlihatkan bahwa vaksin mereka relatif aman.

    Dua fase uji klinis pada Juli mendatang didesain untuk menentukan apakah vaksin tersebut benar-benar aman, bukan melihat tingkat efektivitasnya. Bharat mengatakan, varian covid-19 yang diambil dari komunitas lokal di India ini merupakan hal instrumental dalam pengembangan vaksin secara cepat.

    "Perbedaan antara berbagai varian (covid-19) di kancah global merupakan sesuatu yang masih diteliti," kata juru bicara Bharat kepada BBC, Selasa 30 Juni 2020.

    Ia menambahkan, vaksin covid-19 buatan Bharat ini diberi nama Covaxin, yang telah dikembangkan bersama Institut Nasional Virologi India dan Dewan Riset Medis India.

    Bharat Biotech, yang telah menyalurkan lebih dari 4 miliar vaksin ke seluruh dunia, pernah mengembangkan berbagai vaksin, termasuk untuk H1N1 dan rotavirus.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id