Kecelakaan Pesawat di Pakistan Disebabkan Pilot Bahas Covid-19

    Marcheilla Ariesta - 25 Juni 2020 19:19 WIB
    Kecelakaan Pesawat di Pakistan Disebabkan Pilot Bahas Covid-19
    Pesawat PIA jatuh di perumahan warga saat hendak mendarat. Foto: AFP.
    Karachi: Virus korona (covid-19) menjadi penyebab kecelakaan pesawat Pakistan International Airlines (PIA) yang menewaskan 98 orang di Karachi bulan lalu. Alasannya karena para pilot asik membahas virus tersebut dan tidak fokus melakukan pendaratan.

    "Pilot dan kopilot tidak fokus dan selama penerbangan mereka berbicara mengenai korona," kata Menteri Penerbangan Pakistan Ghulam Sarwar Khan, dilansir dari AFP, Kamis 25 Juni 2020.

    Khan mengatakan para pilot terlalu percaya diri sehingga mereka tidak memerhatikan proses pendaratan dan malah asyik mengobrol sendiri. 

    Ini merupakan kecelakaan penerbangan paling mematikan di Pakistan dalam delapan tahun terakhir. Terlebih, insiden ini terjadi saat penerbangan komersial domestik baru dibuka beberapa hari setelah mengalami penguncian wilayah akibat covid-19.

    Dari penelitian para penyidik, pesawat jatuh akibat kedua mesin gagal berfungsi saat mendekati bandara Karachi. Dua orang berhasil selamat dari insiden ini.

    Mereka mengungkapan di menit-menit akhir penerbangan sangat kacau dan serangkaian kesalahan aneh terjadi, diperparah dengan kegagalan komunikasi antara pilot dan kontrol lalu lintas udara.


    Penyidik mengatakan pesawat berada di ketinggian dua kali lipat lebih tinggi dari yang seharusnya saat akan mendarat. Menara kontrol lalu lintas udara (ATC) menyarankan para pilot untuk berputar agar bisa turun secara bertahap.

    Alih-alih berkeliling, pilot tetap mencoba mendarat, padahal mereka telah menaikkan roda pendaratan. Kontrol lalu lintas udara melihat mesin Airbus A320 itu mengikis landasan, tapi tidak memberitahu kokpit.

    Mesin malah rusak parah ketika pesawat gagal berbalik untuk mencoba melakukan pendaratan kedua. Hingga akhirnya, pesawat jatuh di pemukiman warga.




    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id