comscore

India Usir Puluhan Staf Diplomatik Pakistan

Willy Haryono - 24 Juni 2020 08:02 WIB
India Usir Puluhan Staf Diplomatik Pakistan
Komisi Tinggi (Kedubes) Pakistan di New Delhi, India. (Foto: AFP)
New Delhi: India mengusir separuh dari total jajaran staf di Komisi Tinggi (Kedutaan Besar) Pakistan di New Delhi. India menuding para diplomat Pakistan telah melakukan kegiatan espionase dan juga bertransaksi dengan sejumlah grup teroris.

Sejauh ini, otoritas Pakistan belum merespons keputusan India.
Menurut surat kabar Hindustan Times, India dan Pakistan sama-sama menyepakati total 110 staf di kedubes masing-masing. Padahal, angka sebenarnya di kedubes India dan Pakistan berkisar 90.

"Mereka (staf diplomatik Pakistan) telah terlibat aksi espionase dan juga menjalin kerja sama dengan sejumlah organisasi teroris," kata Kementerian Luar Negeri India, dikutip dari BBC, Selasa 23 Juni 2020.

Kemenlu India telah memanggil Charge d'Affaires Pakistan, Syed Haider Shah, untuk melayangkan tuduhan tersebut secara resmi.

Masih dari laporan Hindustan Times, Kemenlu India menuding Pakistan telah "mengintimidasi jajaran staf Komisi Tinggi India di Islamabad dalam menjalankan fungsi diplomatik mereka."

Hubungan antar kedua negara memburuk usai India mengusir dua staf Pakistan tiga pekan lalu. Kedua staf dituding berusaha mendapatkan informasi mengenai pergerakan pasukan India.

Pekan kemarin, India menuduh Pakistan menculik dua warga mereka. Namun Pakistan mengonfirmasi bahwa kedua pria India itu ditahan polisi karena memukul seorang pejalan kaki.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id