Ritual di Sungai India Picu 184.372 Kasus Covid-19 dalam Sehari

    Marcheilla Ariesta - 14 April 2021 21:50 WIB
    Ritual di Sungai India Picu 184.372 Kasus Covid-19 dalam Sehari
    Ribuan penganut agama Hindu mandi di Sungai Gangga, India, untuk melaksanakan ritual keagamaan, 11 Maret 2021. Foto: AFP/Prakash Singh



    New Delhi: Sebanyak 184.372 orang di India dinyatakan positif virus korona dalam 24 jam terakhir. Jumlah tersebut akibat kerumunan warga yang berkumpul untuk festival keagamaan.

    Kementerian Kesehatan India melaporkan total infeksi covid-19 di negara itu menjadi lebih dari 13,9 juta. Angka kematian juga naik 1.027 kasus dalam sehari yang membuat total korban meninggal hingga 172.085 orang.






    Meski demikian, ratusan ribu orang masih berkumpul untuk mandi di Sungai Gangga pada Rabu, 14 April 2021. Mereka merayakan festival keagamaan Kumbh Mela atau mandi di sungai. Sekitar 650 ribu orang dilaporkan mandi hari ini.

    "Warga didenda karena tidak mengikuti jarak sosial di area mandi. Sangat ramai," kata Inspektur Jenderal Polisi Sanjay Gunjyal mengatakan dilansir dari Straits Times.

    Baca: Tertinggi di Thailand, Infeksi Covid-19 Capai 1.336 Kasus dalam Sehari

    Saksi mata melaporkan warga banyak yang tidak memakai masker. Data pemerintah menunjukkan lebih dari seribu kasus dilaporkan di wilayah Haridwar dalam dua hari terakhir. Pemerintah menyalahkan warga yang tidak mengindahkan perintah menjaga jarak sosial.

    Negara bagian Maharashtra, wilayah terkaya di 'Negeri Bollywood', menyumbang sekitar seperempat kasus infeksi covid-19 bagi India. Pemerintah Maharashtra akan memaksakan pembatasan (lockdown) ketat untuk menghalau penyebaran virus.

    Rumah sakit pemerintah maupun swasta sudah kewalahan melayani pasien. Di negara bagian barat Gujarat, media lokal melaporkan antrean panjang ambulans menunggu di luar rumah sakit untuk mengantarkan pasien mereka. Beberapa rumah sakit swasta bahkan terpaksa mengirim pasien mereka ke fasilitas kesehatan umum karena kekurangan oksigen.


    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id