Selamat dari Voting Parlemen, Imran Khan Tetap PM Pakistan

    Willy Haryono - 06 Maret 2021 20:03 WIB
    Selamat dari <i>Voting</i> Parlemen, Imran Khan Tetap PM Pakistan
    PM Pakistan Imran Khan saat berbicara di Kabul, Afghanistan pada 19 November 2020. (WAKIL KOHSAR/AFP)



    Islamabad: Imran Khan tetap menjadi Perdana Menteri Pakistan usai menang dalam pemungutan suara kepercayaan (vote of confidence) di majelis rendah parlemen pada Sabtu, 6 Maret 2021. Khan meraih 178 dukungan dari total 341 kursi di Majelis Nasional Pakistan.

    Dilansir dari laman Anadolu Agency, angka dukungan terhadap PM Khan melebihi jumlah minimal yang dibutuhkannya, yaitu 172.






    Rabu kemarin, PM Khan mengumumkan rencana menggelar pemungutan suara kepercayaan setelah partainya kehilangan kursi Senat dari wilayah ibu kota Islamabad.

    Yousaf Raza Gilani, kandidat dari aliansi gabungan oposisi Pakistan, secara mengejutkan meraih kursi. Kemenangan Gilani menjadi pukulan telak bagi PM Khan.

    Kandidat partai berkuasa, Hafeez Shaikh, kalah dari Gilani meski mendapat suara mayoritas di Majelis Nasional. Hal ini mengindikasikan bahwa beberapa ajudan PM Khan memilih kandidat oposisi.

    Jajaran anggota Majelis Nasional memilih senator dari Islamabad untuk bertugas selama enam tahun. Pemilihan senator dilakukan secara rahasia dan tertutup.

    Kemenangan PM Khan di parlemen terjadi di tengah langkah boikot yang dilakukan aliansi oposisi 11 partai, Gerakan Demokratik Pakistan (PDM). Karena tidak adanya oposisi, PM Khan pun mendapat cuku suara dukungan.

    "Parlemen telah menaruh kembali kepercayaannya kepada Perdana Menteri Republik Islam Pakistan, Imran Khan, sesuai klausul (7) Artikel 91 dari Konstitusi," tulis resolusi yang disampaikan Menteri Luar Negeri Pakistan Mahmood Shah Qureshi di parlemen.

    Imran Khan merupakan PM kedua dalam sejarah Pakistan yang menyerukan pemungutan suara kepercayaan di parlemen secara sukarela. Sebelumnya, mantan PM Pakistan Nawaz Sharif pernah melakukan hal serupa pada 1993.

    Baca:  PM Pakistan Tuduh India Dukung ISIS

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id