Taiwan Habiskan Rp13,2 Triliun untuk Hadapi Tiongkok Tahun Ini

    Fajar Nugraha - 07 Oktober 2020 17:05 WIB
    Taiwan Habiskan Rp13,2 Triliun untuk Hadapi Tiongkok Tahun Ini
    Jet tempur Taiwan dikerahkan untuk menghalau Tiongkok. Foto: AFP
    Taipei: Taiwan telah menghabiskan hampir USD900 juta atau sekitar Rp13,2 triliun tahun ini untuk mengerahkan angkatan udaranya melawan serbuan Tiongkok. Angka ini menggambarkan tekanan besar yang mereka hadapi.

    Tiongkok, yang mengklaim Taiwan sebagai bagian wilayahnya sendiri, telah meningkatkan aktivitas militernya di dekat pulau itu. Negeri Tirai Bambu menanggapi apa yang disebut sebagai ‘kolusi’ antara Taiwan dan Amerika Serikat (AS).

    Tiongkok marah atas peningkatan dukungan AS untuk Taiwan, termasuk kunjungan pejabat senior pemerintah AS dan peningkatan penjualan senjata.

    Dalam beberapa minggu terakhir, jet tempur Tiongkok telah melintasi garis tengah Selat Taiwan, yang biasanya berfungsi sebagai zona penyangga tidak resmi. Militer Tiongkok menjalankan beberapa misi ke zona identifikasi pertahanan udara barat daya Taiwan.

    Berbicara di parlemen, Menteri Pertahanan Taiwan Yen De-fa mengatakan angkatan udara telah berebut 2.972 kali melawan pesawat Tiongkok tahun ini dengan biaya Rp13,2 triliun.

    "Akhir-akhir ini tekanannya sangat besar. Mengatakan sebaliknya akan menipu orang," kata Yen, tanpa memberikan angka perbandingan untuk tahun lalu, seperti dikutip Channel News Asia, Rabu 7 Oktober 2020.

    Dia mengklarifikasi bahwa angka 4.132 misi angkatan udara tahun ini, sebagaimana tercantum dalam makalah briefing parlemen kementerian, termasuk pelatihan dan misi patroli reguler.

    Yen mengatakan bahwa angkatan bersenjata bulan ini akan melakukan latihan mereka sendiri di lepas pantai barat daya Taiwan, meskipun mereka tidak akan menembak secara langsung.

    Angkatan bersenjata Taiwan terlatih dengan baik dan diperlengkapi dengan baik tetapi dianggap remeh oleh Tiongkok. Kementerian Pertahanan Taiwan sebelumnya telah mengakui ketegangan yang ditimbulkan oleh praktik berulang Tiongkok pada mereka.

    Taiwan sedang dalam proses pembenahan armada tempurnya. Amerika Serikat tahun lalu menyetujui penjualan jet tempur F-16 senilai USD8 miliar ke Taiwan, sebuah kesepakatan yang akan membuat jumlah total pesawat di pulau itu menjadi lebih dari 200. Jumlah tersebut merupakan armada F-16 terbesar di Asia.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id