Belasan Orang Tewas Terinjak-injak Dekat Konsulat Pakistan

    Willy Haryono - 21 Oktober 2020 16:04 WIB
    Belasan Orang Tewas Terinjak-injak Dekat Konsulat Pakistan
    Warga mengangkut peti mati berisi jenazah korban terinjak-injak di Jalalabad, Afghanistan pada Rabu, 21 Oktober 2020. (Noorullah Shirzada/AFP)
    Jalalabad: Sedikitnya 15 orang tewas dan lebih dari 12 lainnya terluka akibat terinjak-injak massa di dekat gedung konsulat Pakistan di Afghanistan bagian timur. Peristiwa nahas itu terjadi di dalam sebuah stadion di kota Jalalabad, saat ribuan warga Afghanistan berkumpul untuk mendapatkan visa dari konsulat Pakistan.

    Juru bicara rumah sakit provinsi Nangarhar, Zaher Adel, mengatakan bahwa banyak orang terinjak-injak saat berusaha keluar dari stadion.

    Sohrab Qaderi, anggota dewan provinsi Nangarhar, mengatakan bahwa 11 perempuan termasuk dari total 15 korban tewas. Dari belasan korban luka, beberapa di antaranya adalah orang lanjut usia.

    Dua pejabat provinsi Nangarhar mengatakan, lebih dari 3.000 warga Afghanistan berkumpul di sebuah stadion di Jalalabad demi mendapatkan token yang dibutuhkan untuk mengajukan visa perjalanan ke Pakistan.

    "Sayangnya pada pagi ini, insiden tragis terjadi saat ribuan orang datang ke sebuah stadion sepak bola," kata juru bicara pemerintah provinsi Nangarhar, Attaulah Khogyani, dilansir dari laman Al Jazeera pada Rabu, 21 Oktober 2020.

    Untuk menghindari kerumunan di pusat visa, konsulat Pakistan meminta para pemohon untuk berkumpul di dekat sebuah stadion. Pakistan kembali mengeluarkan visa pada pekan kemarin setelah sempat ditutup selama tujuh bulan akibat pandemi virus korona (covid-19).

    Ribuan warga Afghanistan dari Nangarhar dan beberapa provinsi lainnya telah mendatangi Jalalabad sejak pagi hari untuk mengajukan visa medis atau kunjungan.

    Dalam sebuah tulisan di Twitter, Duta Besar Pakistan untuk Afghanistan Mansoor Ahmad Khan mengaku "sangat sedih" atas jatuhnya banyak korban di Jalalabad. "Kami bersimpati kepada semua keluarga korban," ungkapnya.

    Khan mengatakan, Pemerintah Pakistan sedang "berkoordinasi dengan otoritas Afghanistan untuk memperbaiki skema pengajuan visa."

    "Kami berkomitmen untuk terus mengeluarkan visa bagi warga Afghanistan di bawah kebijakan baru, dengan memastikan proses perilisannya berlangsung lebih mulus dari saat ini," sebut Khan.

    Baca:  Enam Orang Tewas Terinjak-injak dalam Festival India


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id