PM Jepang Sepakat Bantu Vietnam dengan Teknologi Militer

    Fajar Nugraha - 19 Oktober 2020 16:04 WIB
    PM Jepang Sepakat Bantu Vietnam dengan Teknologi Militer
    Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga bertemu PM Vietnam Nguyen Xuan Phuc, di Hanoi. Foto: AFP

    Vietnam dan anggota ASEAN lainnya, banyak di antaranya memiliki perselisihan teritorial dengan China di Laut China Selatan, berhati-hati dalam mengasingkan mitra ekonomi besar dan enggan untuk terjebak dalam konfrontasi yang intens antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Negeri Tirai Bambu mengklaim sebagian besar zona ekonomi eksklusif (ZEE) Vietnam, serta Kepulauan Paracel dan Spratly.

    Jepang, yang mengakhiri larangan puluhan tahun atas penjualan senjata di luar negeri pada 2014 untuk membantu memperkuat militer negara dan menurunkan biaya peralatan militer rakitan dalam negeri, telah melakukan pembicaraan dengan Vietnam, Indonesia, dan Thailand mengenai kesepakatan untuk mengizinkan ekspor alat pertahanan.

    Kunjungan Suga juga bertepatan dengan upaya Jepang untuk mendiversifikasi rantai pasokannya dan mengurangi ketergantungan pada Tiongkok dengan menarik produksi di rumah atau memindahkannya ke Asia Tenggara.

    Vietnam adalah pilihan populer bagi perusahaan Jepang. Separuh dari 30 perusahaan Jepang yang menggunakan program pemerintah 23,5 miliar yen untuk mendiversifikasi rantai pasokan di Asia Tenggara menargetkan Vietnam, yang secara agresif membujuk investasi semacam itu.

    Suga mengatakan kedua negara telah sepakat untuk meningkatkan kerja sama untuk mengurangi dampak pandemi virus korona.

    "Kami sepakat untuk memulai kembali perjalanan 'jalur bisnis' serta penerbangan penumpang antara kedua negara hari ini," kata Suga.

    Suga juga mengatakan bahwa Jepang akan membantu pekerja Vietnam yang bekerja di Jepang. Banyak di antaranya yang sedang berjuang saat wabah covid-19 melanda perusahaan-perusahaan Jepang.

    (FJR)
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id