Populer Internasional: Kim Jong-un Minta Bantuan Vaksin Hingga Penyatuan Tiongkok-Taiwan

    Fajar Nugraha - 02 Juli 2021 08:07 WIB
    Populer Internasional: Kim Jong-un Minta Bantuan Vaksin Hingga Penyatuan Tiongkok-Taiwan
    Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Foto: AFP



    Pyongyang: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dikabarkan meminta bantuan vaksin covid-19. Hal ini tersirat saat dia memberikan dukungan kepada Presiden Tiongkok Xi Jinping dalam peringatan 100 tahun Partai Komunis Tiongkok.

    Kabar ini menjadi berita terpopuler di Internasional Medcom, bersama dengan beberapa isu lainnya. Salah satu yang menarik perhatian lainnya adalah Palestina yang meminta komunitas Internasional intervensi Israel yang hancurkan rumah warga di Silwan, Sheikh Jarrah.

     



    Isu lain yang menjadi terpopuler adalah Presiden Tiongkok janji penyatuan dengan Taiwan dilakukan dengan damai. Berikut selengkapnya mengenai berita terpopuler Internasional Medcom:

    1. Kim Jong-un Isyaratkan Minta Bantuan Vaksin Covid-19 ke Tiongkok

    Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengatakan, ia akan mendorong peningkatan hubungan di Tiongkok. Langkah ini sebagai salah satu upaya Korea Utara keluar dari krisis yang semakin dalam terkait pandemi covid-19.
     
    Ia menyampaikan pesan dalam ucapan selamatnya ke Presiden Tiongkok, Xi Jinping pada peringatan 100 tahun berdirinya Partai Komunis Tiongkok.

    Korea Utara masih mempertahankan beberapa tindakan antivirus terberat di dunia, termasuk penutupan perbatasan selama setahun penuh. Namun, hingga kini mereka mengklaim tidak ada kasus covid-19 sama sekali di negara itu.

    Apa yang diinginkan Kim Jong-un dari Tiongkok? Simak di sini.

    2. Palestina Minta Internasional Intervensi Israel Hancurkan Rumah Warga

    Otoritas Palestina (PA) menyerukan intervensi segera dari komunitas internasional untuk menghentikan Israel menghancurkan rumah-rumah di lingkungan Silwan, Sheikh Jarrah.
     
    “Kami meminta masyarakat internasional untuk membantu menghentikan penghancuran rumah dan pengusiran paksa penduduk Palestina,” ujar Menteri Urusan Sipil dan anggota Komite Sentral Fatah Hussein al-Sheikh.

    Polisi Israel menggerebek lingkungan Silwan di Yerusalem Timur dan merobohkan sebuah toko di daerah al-Bustan, salah satu dari 17 bangunan, terutama rumah.

    Bagaimana reaksi setelah permintaan Palestina itu? Selanjutnya di sini.

    3. Presiden Tiongkok Janji Penyatuan dengan Taiwan Dilakukan Secara Damai

    Presiden TiongkokXi Jinping berjanji akan menyelesaikan 'penyatuan kembali' dengan Taiwan. Ia juga berjanji akan menghancurkan segala upaya kemerdekaan, dan menarik teguran keras dari Taipei.
     
    Tiongkok menganggap Taiwan sebagai wilayah mereka sendiri, padahal Taipei sudah merasa memerdekakan diri dari Beijing. Di bawah pemerintahannya, Xi meningkatkan upaya untuk menegaskan klaim kedaulatannya atas pulau tersebut dengan secara rutin mengirim jet tempur di ruang udara Taiwan.
     
    "Memecahkan masalah Taiwan dan mewujudkan penyatuan kembali tanah air adalah tugas sejarah yang tidak bisa dielakkan Partai Komunis Tiongkok. Ini juga menjadi aspirasi bersama semua masyarakat Tiongkok." kata Xi dalam pidato 100 tahun berdirinya Partai Komunis yang berkuasa.

    Sebagai tanggapan, Dewan Urusan Daratan Tiongkok di Taiwan mengatakan, sementara ini Partai Komunis telah mencapai pembangunan ekonomi, namun tetap menjadi diktator. Taipei menganggap Tiongkok dan Partai Komunis menginjak-injak kebebasan rakyat.

    Apakah Taiwan akan menerima ucapan Presiden Tiongkok itu? Simak di tautan ini.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id