India Kerahkan Kapal Selam Bantu Pencarian KRI Nanggala-402

    Marcheilla Ariesta - 22 April 2021 22:31 WIB
    India Kerahkan Kapal Selam Bantu Pencarian KRI Nanggala-402
    Kapal selam KRI Nanggala-402 saat latihan Pratugas Satgas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Maphilindo 2017 di Laut Jawa. ANT/Syaiful Arif



    New Delhi: Angkatan Laut India mengirimkan kapal selam (DSRV) untuk membantu operasi pencarian KRI Nanggala-402. Bantuan diumumkan dalam pernyataan Kementerian Pertahanan India.

    "Angkatan Laut India mengerahkan DSRV untuk membantu TNI dalam upaya pencarian dan penyelamatan KRI Nanggala-402 yang dilaporkan hilang pada Rabu, 21 April 2021," kata Kementerian Pertahanan India di situs resmi mereka dilansir dari India Today, Kamis, 22 April 2021.






    Seorang sumber mengatakan kapal tersebut sudah berangkat. Mereka akan menempuh jarak sekitar 2.500 mil laut.

    Dalam pernyataannya, Kementerian Pertahanan India mengatakan pengerahan bantuan setelah mendapat pemberitahuan dari sistem komunikasi The International Submarine Escape and Rescue Liaison Office (ISMERLO).

    (Baca: KSAL: Bantuan dari Luar Negeri Tidak Berunsur Politik)

    "Di bawah aturan ISMERLO, kapal selam penyelamat harus dikerahkan ketika kapal selam lainnya hilang atau tenggelam. Harus ada peralatan khusus pencarian bawah air untuk mencari kapal selam tersebut dan menyelamatkan personel yang terperangkap," kata mereka.

    Kemenhan India mengeklaim merupakan satu dari sedikit negara di dunia yang mampu melakukan upaya SAR menyelamatkan kapal selam dengan DSRV.

    "Sistem DSRV India dapat mendeteksi kapal selam hingga 1.000 meter di kedalaman laut dengan kemampuan Side Scan Sonar (SSS) dan Remotely Operated Vehicle (ROV)," lanjut Kemenhan India.

    Singapura dan Malaysia juga telah mengerahkan kapal untuk membantu operasi penyelamatan KRI Nanggala-402. Singapura mengerahkan kapal penyelamat, MV Swift Rescue, yang diperkirakan akan tiba Sabtu, 24 April 2021.

    Sedangkan, Malaysia mengirim kapal Mega Bakti untuk membantu pencarian KRI Nanggala-402 yang dijadwalkan tiba pada 26 April. Australia dan Korea Selatan juga menyiapkan kesiapan mereka mengerahkan personel dan kapalnya dalam upaya membantu pencarian KRI Nanggala-402.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id