Beijing akan Larang Impor Sampah Asing Mulai 1 Januari 2021

    Marcheilla Ariesta - 28 November 2020 10:53 WIB
    Beijing akan Larang Impor Sampah Asing Mulai 1 Januari 2021
    Ilustrasi sampah. Foto: ANTARA.
    Beijing: Tiongkok akan melarang semua impor limbah mulai 1 Januari 2021. Larangan ini menandai puncak dari penghentian selama tiga tahun dalam menerima sampah dari luar negeri.

    Sejak 1980-an, Beijing telah mengimpor limbah padat yang akan dibersihkan, dihancurkan, dan diubah oleh perusahaan lokal menjadi bahan mentah bagi para pelaku industri.

    Selama bertahun-tahun, Tiongkok menjadi pengimpor sampah terbesar dunia, seringkali menyebabkan polusi jika bahannya tidak dapat didaur ulang atau dibuang dengan benar.

    Disadur dari laman Channel News Asia, Sabtu, 28 November 2020, Tiongkok berharap tidak lagi menjadi 'tempat sampah' dunia dengan cara menutup pintu mereka terhadap sampah asing pada Januari 2018. Hal ini menyebabkan penumpukan sampah di negara-negara pengekspor.

    Sejak itu, secara bertahap pemerintah Beijing melarang impor berbagai jenis plastik, suku cadang mobil, kertas, tekstil, dan besi tua atau kayu.

    Menurut kantor berita Xinhua, mulai 1 Januari mendatang, larangan tersebut akan mencakup semua jenis limbah. Kementerian Ekologi dan Lingkungan, Kementerian Perdagangan, dan Administrasi Umum Bea Cukai menyebutkan bahwa pembuangan produk limbah dari luar negeri dan penumpukan limbah juga akan dilarang mulai hari pertama tahun depan.

    Badan itu mengatakan impor limbah padat Tiongkok mencapai 13,48 juta ton tahun lalu. Angka ini turun dari 22,63 juta ton pada 2018, dan terus menurun dari tahun ke tahun.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id