Ribuan Warga Beijing Mengantre Jatah Vaksin Covid-19

    Willy Haryono - 04 Januari 2021 12:54 WIB
    Ribuan Warga Beijing Mengantre Jatah Vaksin Covid-19
    Warga memakai masker saat beraktivitas di kota Beijing, Tiongkok. (AFP)
    Beijing: Ribuan warga Beijing beramai-ramai mengantre untuk mendapatkan jatah suntikan vaksin virus korona (covid-19) dalam program vaksinasi nasional. Tiongkok terus mendorong laju vaksinasi covid-19 menjelang musim liburan Tahun Baru Imlek pada Februari mendatang.

    Dilansir dari laman The Straits Times pada Senin, 4 Januari 2021, lebih dari 73 ribu orang di ibu kota Tiongkok telah menerima dosis pertama vaksin covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

    Mereka yang telah disuntik vaksin covid-19 di Beijing meliputi kelas pekerja dan sopir kendaraan umum.

    Pada malam menjelang pergantian tahun, otoritas kesehatan Tiongkok telah mengeluarkan izin penggunaan bersyarat bagi vaksin covid-19 buatan perusahaan Sinopharm. Vaksin Sinopharm diklaim memiliki tingkat efektivitas hingga 79 persen.

    Baca:  Hampir 1 Juta Warga Tiongkok Gunakan Vaksin Covid-19 Sinopharm

    Tayangan dari media nasional CCTV memperlihatkan antrean vaksinasi covid-19 di sejumlah rumah sakit dan pusat kesehatan di Beijing. Sembari mengantre, warga Beijing membaca dokumen persetujuan vaksinasi serta menjalani pemeriksaan temperatur tubuh.

    Sejumlah pusat kebugaran dan pabrik-pabrik yang kosong juga digunakan otoritas Beijing dalam menjalankan program vaksinasi.

    Sebelumnya, Beijing telah menyuntikkan sekitar 4,5 juta dosis vaksin covid-19 yang kala itu belum mendapat izin penggunaan. Sebagian besar vaksin itu disuntikkan ke para tenaga kesehatan dan pegawai negeri sipil.

    Kini Tiongkok berencana menyalurkan vaksin covid-19 secara berkala ke sejumlah grup-grup rentan lainnya, termasuk pekerja pelabuhan dan yang bekerja di bidang logistik.

    Covid-19 pertama kali terdeteksi di kota Wuhan, Tiongkok, pada Desember 2019. Sejak saat itu, covid-19 telah menyebar ke seluruh penjuru dunia.

    Meski Tiongkok dinilai berhasil meredam penyebaran covid-19, beberapa kasus lokal masih sering bermunculan, termasuk di ibu kota Beijing.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id