WHO Cek Kualitas Vaksin Sinovac dan Sinopharm

    Willy Haryono - 13 Januari 2021 11:55 WIB
    WHO Cek Kualitas Vaksin Sinovac dan Sinopharm
    Vaksin covid-19 buatan perusahaan Sinopharm. (JOEL SAGET/AFP)
    Beijing: Sebuah tim dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang saat ini berada di Tiongkok sedang menjalin bekerja sama dengan perusahaan pembuat vaksin Sinovac dan Sinopharm. Kerja sama dilakukan dalam upaya memasukkan Sinovac dan Sinopharm ke dalam daftar penggunaan darurat vaksin covid-19.

    "Saya senang bahwa tim WHO di Tiongkok sedang berkoordinasi dengan pembuat vaksin Sinovac dan Sinopharm dalam memeriksa kesesuaiannya dengan kualitas manufaktur internasional," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers di Jenewa, dilansir dari laman Xinhua pada Rabu, 13 Januari 2021.

    Ia mengatakan bahwa WHO terus berkoordinasi dengan sejumlah perusahaan pengembang vaksin di seluruh dunia. Hal ini dilakukan agar semakin banyak vaksin yang dapat masuk ke daftar penggunaan darurat.

    Baca:  WHO Ingatkan Herd Immunity Sulit Tercapai Tahun Ini

    "Meski kami tetap optimistis mengenai keamanan dan efektivitas dari vaksin-vaksin yang sedang didistribusikan (di seluruh dunia), kami ingin proses ini dipercepat, sehingga vaksin dapat dialokasikan secara merata dalam beberapa pekan ke depan," ungkap Tedros.

    Sejumlah negara dunia telah atau sedang mempersiapkan program vaksinasi covid-19. Di beberapa negara, vaksinasi dilakukan dengan menggunakan vaksin Sinovac dan juga Sinopharm.

    Untuk Sinovac, uji klinis telah dilakukan di Brasil, Indonesia, dan Turki dengan beragam hasil efikasi. Data interim dari uji klinis fase akhir vaksin Sinovac mencapai 65,3 persen di Indonesia, 91 persen lebih di Turki, dan 50,4 persen di Brasil.

    Vaksinasi dengan menggunakan vaksin Sinovac dimulai hari ini di Indonesia. Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang disuntik vaksin covid-19.

    Setelah Jokowi, sejumlah individu yang mewakili berbagai elemen masyarakat turut mendapat suntikan vaksin Sinovac di Istana Merdeka Jakarta.


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id