Korsel Geram Korut Luncurkan Misil saat Pandemi Korona

    Willy Haryono - 21 Maret 2020 11:00 WIB
    Korsel Geram Korut Luncurkan Misil saat Pandemi Korona
    Salah satu misil balistik yang diluncurkan Korut. (Foto: KCNA)
    Seoul: Korea Selatan mengatakan Korea Utara baru saja meluncurkan dua proyektil ke arah laut pada Sabtu 21 Maret 2020. Seoul menduga dua proyektil tersebut adalah misil balistik jarak pendek.

    Dikutip dari BBC, Korsel mengatakan dua misil tersebut diluncurkan dari arah provinsi Pyongan di Korut ke arah Laut Timur, atau biasa juga disebut dengan Laut Jepang.

    "Peluncuran dua proyektil tersebut sangat tidak pantas dilakukan karena dunia sedang menghadapi pandemi virus korona (covid-19)," ujar Kepala Staf Gabungan Korsel.

    Sebelumnya pada bulan ini, Korut telah meluncurkan beberapa misil sebagai bagian dari latihan militernya. Amerika Serikat dan Tiongkok mengecam tindakan tersebut, dan meminta Korut untuk kembali membicarakan denuklirisasi.

    Dalam peluncuran terbaru, dua proyektil Korut terbang sejauh 410 kilometer dengan ketinggian maksimal sekitar 50 km.

    Penjaga Pantai Jepang mengonfirmasi adanya sebuah misil yang jatuh di laut, di luar Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Negeri Sakura.

    Mengenai pandemi covid-19, Korut mengklaim tidak ada satu pun kasus terkonfirmasi. Sejak awal wabah covid-19 di akhir 2019 dan awal 2020, Korut telah menutup rapat semua perbatasan darat dan udara.

    Sementara negara tetangganya, Korsel, telah mengonfirmasi lebih dari 8.000 kasus covid-19 dengan total kematian 100 orang dan pasien sembuh 1.540.

    Covid-19 pertama kali muncul pada 2019 di Tiongkok, mitra dagang terbesar Korut. Namun memasuki Maret, penyebaran virus itu lebih terfokus di Eropa. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyebut Eropa sebagai pusat pandemi covid-19.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id