Ketika Pandemi Menyerang, Australia Diterjang Gelombang Panas

    Medcom - 26 November 2020 09:57 WIB
    Ketika Pandemi Menyerang, Australia Diterjang Gelombang Panas
    Warga Australia dihadapkan pada gelombang panas pekan ini. Foto: ABC Australia
    Adelaide: Musim panas tahun ini belum lama berlangsung di Australia namun kondisi gelombang panas diperkirakan mulai terjadi pada akhir pekan. Di Adelaide, suhu udara 40 derajat Celcius akan berlangsung selama tiga hari.

    Biro Meteorologi Australia (BOM) menyebutkan kondisi gelombang panas kategori tinggi akan menerjang sebagian besar wilayah dengan sumber suhu panas yang bergerak dari bagian tengah benua ini. Parahnya, gelombang panas ini terjadi di saat pandemi virus korona (covid-19).

    BOM menetapkan kondisi gelombang panas terjadi bila suhu udara maksimum dan minimum mengalami kenaikan dari biasanya selama tiga hari atau lebih. 

    Gelombang panas dibagi dalam tiga kategori yaitu ekstrim, bila dapat menimbulkan dampak pada infrastruktur, transportasi, energi, pertanian, cedera pada orang sehat maupun yang rentan.

    Kategori gelombang panas tinggi terjadi bila membawa dampak bagi kesehatan orang yang rentan. Sedangkan kategori ringan bila tingkat suhu panas tidak biasa namun secara umum tidak menimbulkan dampak kesehatan.

    Dimana saja gelombang panas akan menerjang?

    Menurut penjelasan Jonathan How dari BOM, suhu panas terus meningkat di bagian utara dan tengah Australia selama beberapa minggu terakhir, dan pergerakan suhu dingin akan mendorong suhu panas tersebut ke bagian tenggara.

    Mulai Rabu 25 November 2020, suhu udara di Australia Selatan dan wilayah barat Victoria akan naik dan mencapai 30 derajat Celsius. Sementara Kamis 26 November 2020, suhu panas diperkirakan akan meningkat dan bergerak ke wilayah pedalaman New South Wales.

    Pada Jumat, suhu udara akan mencapai 10 hingga 20 derajat lebih tinggi dari suhu rata-rata untuk wilayah selatan Australia Selatan dan wilayah barat Victoria. Suhunya akan berkisar antara 30 hinga 40C.

    Halaman Selanjutnya
    Puncak suhu panas akan terjadi…


    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id