Pedemo Rusuh, Kepulauan Solomon Lockdown Selama 36 Jam

    Marcheilla Ariesta - 25 November 2021 17:47 WIB
    Pedemo Rusuh, Kepulauan Solomon Lockdown Selama 36 Jam
    Kerusuhan Kepuluan Solomon./AFP



    Honiara: Pemerintah Kepulauan Solomon menerapkan penutupan wilayah selama 36 jam ke depan. Kebijakan lockdown diambil setelah para pedemo mendesak perdana menteri mundur dan membuat kerusuhan dengan membakar sejumlah bangunan.

    Perdana Menteri Manasseh Sogavare menyerukan lockdown pada Rabu melalui pidatonya di stasiun televisi nasional.

     



    "Lockdown Honiara yang akan berlangsung sampai Jumat pukul 07.00 waktu setempat akan memberikan ruang penegak hukum menyelidiki dengan sungguh-sungguh pelaku kerusuhan hari ini dan mencegah kerusakan lainnya," kata Sogavare seperti dikutip CNN, Kamis, 25 November 2021.

    Unjuk rasa di Honiara dipicu luapan amarah warga terkait sejumlah masalah dalam negeri. Salah satunya, janji infrastruktur yang belum terealisasi.

    Saksi mata dan media lokal melaporkan massa menentang larangan pemerintah untuk turun ke jalan. Gambar langsung menunjukkan beberapa bangunan dilalap api dan gumpalan asap hitam tebal mengepul tinggi di atas ibu kota.

    Baca juga: Kerusuhan Ibu Kota Kepulauan Solomon, Sentimen Anti-Tiongkok Merebak

    Sentimen anti-Tiongkok tampak jelas terlihat ketika lahan usaha milik Tiongkok menjadi sasaran. Protes ini juga dipicu oleh persaingan antar pulau di negara Pasifik itu.
     
    Sebagian besar pengunjuk rasa di Honiara dilaporkan berasal dari pulau tetangga Malaita, di mana orang telah lama mengeluhkan pengabaian oleh pemerintah pusat.
     
    Pemerintah lokal pulau itu juga sangat menentang keputusan Solomon untuk mengalihkan kesetiaan diplomatik dari Taiwan ke Tiongkok pada 2019. Ini merupakan sebuah langkah yang direkayasa oleh Perdana Menteri Manasseh Sogavare yang menurut para kritikus terlalu dekat dengan Beijing.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id