Korsel Berupaya Redam Penyebaran Covid-19 di Klaster Kelab Malam

    Willy Haryono - 11 Mei 2020 16:00 WIB
    Korsel Berupaya Redam Penyebaran Covid-19 di Klaster Kelab Malam
    Distrik Itaewon di Seoul dikenal dengan kehidupan malam. (Foto: AFP / Jung Yeon-je)
    Seoul: Jajaran pejabat Korea Selatan berusaha keras meredam klaster terbaru virus korona (covid-19) di sejumlah kelab malam di Itaewon, Seoul. Hingga tadi malam, otoritas Korsel mencatat 35 kasus harian covid-19 terkait klaster kelab malam.

    Angka harian tersebut merupakan yang tertinggi dalam lebih dari sebulan terakhir. Kemunculan klaster kelab malam ini meningkatkan kekhawatiran gelombang kedua covid-19 akan atau tengah melanda Negeri Gingseng.

    Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) mencatat 69 kasus covid-19 terkait klaster kelab malam dalam 48 jam terakhir. Tambahan infeksi dalam dua hari itu setara dengan total gabungan jumlah kasus sepanjang pekan kemarin.

    Sebagian besar kasus terbaru covid-19 di Korsel kini terkait dengan sejumlah bar dan kelab malam di Itaewon. Otoritas Seoul mengaku telah melakukan tes covid-19 terhadap 4.000 orang yang diketahui sering mengunjungi kelab malam.

    Saat ini, otoritas Seoul masih berusaha melacak sekitar 3.000 orang lainnya.

    "Prioritas utama kami adalah meminimalisasi penyebaran infeksi di area Seoul," ucap Perdana Menteri Korsel Chung Sye-kyun dalam rapat bersama jajaran pejabat, dikutip dari Al Jazeera, Senin 11 Mei 2020.

    Itaewon berubah menjadi seperti "kota hantu" karena klaster kelab malam covid-19. Karena kemunculan klaster tersebut, otoritas setempat memerintahkan agar semua kelab malam dan bar serta bisnis serupa lainnya di Itaewon ditutup sementara.
     
    Sekitar dua pekan lalu, seorang pria berusia 29 tahun dinyatakan positif covid-19 setelah sempat menghabiskan waktu di lima kelab malam Itaewon. Puluhan infeksi covid-19 terkait pria tersebut pun bermunculan.
     
    Suasana di sekitar sejumlah kelab malam di Itaewon, yang biasanya ramai dikunjungi pemuda, relatif sepi pada Sabtu malam. Semua tempat hiburan di area tersebut memasang tulisan "tutup untuk sementara."

    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id