Pemimpin Sekte Korsel Bantah Sembunyikan Anggota

    Marcheilla Ariesta - 01 Agustus 2020 17:05 WIB
    Pemimpin Sekte Korsel Bantah Sembunyikan Anggota
    Lee Man-hee, pemimpin sekte Shincheonji Church of Jesus di Korsel. (Foto: AFP)
    Seoul: Jaksa penuntut Korea Selatan menangkap pemimpin sekte Shincheonji Church of Jesus, Lee Man-hee. Pria 88 tahun itu dituduh menyembunyikan beberapa anggota jemaat dan melakukan pertemuan yang tidak dilaporkan.

    Aksi tersebut dinilai mengganggu upaya Korsel dalam menangani penyebaran covid-19. Namun, Lee dan gerejanya membantah tuduhan telah menyembunyikan anggota atau tidak melapor saat menggelar acara keagamaan.

    "Kami bekerja sama dengan otoritas kesehatan. Gereja akan akan melakukan yang terbaik hingga kebenaran dibuktikan di pengadilan," kata juru bicara Lee, Kim Young-eun, dilansir dari TVNZ, Sabtu, 1 Agustus 2020.

    Lee adalah pemimpin Shincheonji Church of Yesus di kota Daegu. Kelompok tersebut dianggap sebagian masyarakat Korsel lebih condong ke arah pengkultusan.

    Pengikut sekte tersebut terkait dengan lebih dari separuh kasus covid-19 di Korsel sepanjang Februari lalu. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC), sebanyak 38 persen dari total infeksi covid-19 di Korsel berasal dari orang-orang terkait gereja Shincheonji hingga 19 Juli.

    Otoritas kesehatan menggunakan program tes dan karantina agresif untuk menahan wabah di Daegu dan kota-kota terdekat pada awal pandemi. Namun, setelah beberapa saat mereda, virus kembali menginfeksi sebagian wilayah di daerah Seoul sejak akhir Mei.

    KCDC melaporkan 31 kasus baru yang terkonfirmasi. Sedikitnya 23 kasus terkait dengan kedatangan internasional.

    Baru-baru ini, Negeri Ginseng melaporkan ada beberapa infeksi yang menjangkiti anggota awak kapal kargo berbendera Rusia yang berlabuh di pelabuhan Busan dan Incheon.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id