comscore

Tiongkok Inspeksi Fasilitas Penerbangan Terkait Kecelakaan China Eastern

Medcom - 23 Maret 2022 20:55 WIB
Tiongkok Inspeksi Fasilitas Penerbangan Terkait Kecelakaan China Eastern
Pesawat maskapai China Eastern Airlines saat berada di bandara LAX, AS, 24 April 2021. (Daniel SLIM / AFP)
Beijing: Otoritas penerbangan Tiongkok melangsungkan inspeksi atas kemungkinan adanya masalah keselamatan terkait kecelakaan China Eastern Airlines. Kini juga tengah dilakukan pencarian korban dan kotak hitam dari pesawat komersial yang jatuh di pegunungan selatan Tiongkok.

Inspeksi akan berlangsung selama dua pekan. Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok (CAAC) pada Selasa, 22 Maret 2022 menyampaikan inspeksi meliputi pemeriksaan semua kontrol lalu lintas udara regional, perusahaan penerbangan dan lembaga pelatihan penerbangan untuk memastikan keselamatan "mutlak" operasi penerbangan dan nyawa orang-orang.
Penyebab jatuhnya pesawat China Eastern di Guangxi pada Senin kemarin belum diketahui. Pihak berwenang menyampaikan bahwa penyelidikan akan sangat sulit lantaran pesawat rusak parah.

Sejak kecelakaan tersebut, China Eastern dan dua anak perusahaan menghentikan penerbangan pesawat Boeing 737-800 miliknya, yang berjumlah lebih dari 200 armada. 

Peristiwa pesawat komersial jatuh di Tiongkok terakhir terjadi tahun 2010, saat jet regional Embraer E-190 yang diterbangkan oleh maskapai Henan jatuh.

Menunjukkan perhatiannya terkait insiden ini, Wakil Perdana Menteri Liu He menuju Guangxi pada Senin malam untuk mengawasi operasi pencarian dan penyelamatan. Seorang wakil perdana menteri juga dikirim ke lokasi kecelakaan pada tahun 2010.

Para petugas yang bertanggung jawab dalam pencarian dan penyelamatan akan mengupayakan "segalanya dalam pencarian mereka selama ada secercah harapan,” sebagaimana dilaporkan media lokal setelah rapat khusus yang dipimpin oleh Liu.

Petugas juga diarahkan agar merilis informasi “sesuai dengan prinsip tepat waktu, akurat, terbuka dan transparan", dan sektor penerbangan yang lebih luas harus melakukan pemeriksaan khusus untuk mencegah terjadinya ancaman keselamatan besar.

Pada konferensi pers pertama yang diadakan pemerintah pada Selasa malam di Guangxi, seorang pejabat penerbangan mengatakan pesawat 737-800 yang jatuh telah memenuhi standar kelayakan udara sebelum lepas landas. Kru pesawat pun berada dalam keadaan sehat.

Ratusan penyelamat telah dikerahkan untuk mencari para korban setelah Boeing itu jatuh dengan 132 orang di dalamnya. Tidak ada korban selamat yang ditemukan.

Video yang beredar memperlihatkan sebuah pesawat jatuh menukik dengan sudut 35 derajat. 

Penerbangan dengan nomor MU5735 sedang menjalankan rute dari Kunming, ibu kota Provinsi Yunnan, ke Guangzhou, Guangdong. Pesawat itu tiba-tiba terjun dari ketinggian sekitar waktu pesawat biasanya mulai menurunkan ketinggian sebelum mendarat.

"Penurunan 'normal' pada kecepatan turun 'normal' dari 29.000 kaki akan berlangsung sejauh 2.000-3.000 kaki per menit tergantung beberapa hal," kata seorang pilot maskapai di luar Tiongkok.

Bahkan, penurunan cepat dalam menurunkan tekanan hanya akan menyebabkan tambahan kecepatan dua kali lipat. FlightRadar24 mengatakan pesawat tersebut mencapai tingkat penurunan 31.000 kaki per menit.

Baca:  Kim Jong-un Turut Berduka atas Jatuhnya Pesawat China Eastern Airlines

Insiden ini terjadi ketika Boeing tengah berusaha pulih dari sejumlah krisis, terutama pandemi covid-19 yang sangat berdampak bagi perjalanan udara, serta masalah keamanan atas model 737 Max setelah dua peristiwa kecelakaan mematikan.

China Eastern pun menghadapi kerugian yang dalam dan pengawasan regulasi yang lebih ketat setelah kecelakaan.

Tragedi itu mengejutkan negara yang memiliki salah satu rekam jejak maskapai paling aman di dunia. Selain itu, industri penerbangannya, sebelum covid-19, merupakan satu dari pasar yang bertumbuh pesat di dunia. (Kaylina Ivani)

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id