comscore

G7 Diminta Berhenti Intervensi Urusan Dalam Negeri Tiongkok

Willy Haryono - 17 Mei 2022 08:47 WIB
G7 Diminta Berhenti Intervensi Urusan Dalam Negeri Tiongkok
Juru Bicara Kemenlu Tiongkok Zhao Lijian. (AFP)
Beijing: Tiongkok meminta Group of Seven (G7) untuk berhenti mengintervensi urusan internal Negeri Tirai Bambu. Pernyataan disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Zhao Lijian saat dirinya diminta berkomentar mengenai sebuah komunike dari pertemuan jajaran menlu G7.

Dalam komunike tersebut terdapat beberapa poin mengenai Tiongkok, termasuk seputar isu Hong Kong, Xinjiang, hak asasi manusia (HAM), kemaritiman, situasi di Ukraina, dan perdamaian serta stabilitas di sepanjang Selat Taiwan.
"Posisi Tiongkok atas isu-isu seperti Hong Kong, Xinjiang serta Taiwan dan juga berbagai hal seputar maritim sudah sangat jelas dan konsisten," ucap Zhao, dilansir dari Xinhua, Selasa, 17 Mei 2022.

"Komunike G7 yang begitu panjang dipenuhi tuduhan-tuduhan gila yang bahkan tidak layak dibantah. (G7) telah mengintervensi urusan internal Tiongkok dan juga mencoreng citra negara, dan sekali lagi juga melayangkan tekanan kepada Tiongkok dengan menggunakan dalih seperti konflik Rusia-Ukraina," sambungnya.

Zhao mendorong G7 untuk menegakkan sistem internasional dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai porosnya. G7 juga diminta mematuhi hukum internasional dan norma-norma dasar dalam menjalin hubungan di level global sesuai dengan piagam PBB.

Sekali lagi, Zhao menyerukan G7 untuk menghormati kedaulatan Tiongkok, dan berhenti melakukan intervensi urusan internal dalam bentuk apa pun.

"Kami mendorong G7 untuk mengambil tindakan demi kepentingan perdamaian dan pertumbuhan dunia. Berhenti menerapkan standar ganda atau lebih. Berhenti mengirim pesawat atau kapal perang ke negara-negara lain hanya untuk memamerkan kekuatan," tegas Zhao.

"Berhenti mendorong revolusi di negara-negara lain. Berhenti menjatuhkan sanksi ilegal, dan berhenti membuat kebohongan serta rumor palsu mengenai Tiongkok," lanjutnya.

Tidak berhenti sampai di situ, Zhao juga mendorong G7 untuk menjaga multilateralisme sejati, memperkuat kerja sama dengan PBB dan G20 serta organisasi global lain, dan berhenti menerapkan mentalitas Perang Dingin.

Baca:  Tiongkok Minta G7 Berhenti Menebar Fitnah

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id