comscore

Khawatir Omicron, Tiongkok Semprot Disinfektan ke Surat dari Luar Negeri

Fajar Nugraha - 18 Januari 2022 15:22 WIB
Khawatir Omicron, Tiongkok Semprot Disinfektan ke Surat dari Luar Negeri
Warga Tiongkok kembali menjalani proses tes covid-19. Foto: AFP
Beijing: Layanan pos Tiongkok memerintahkan para pekerja untuk mendisinfeksi surat atau paket internasional. Pihak pos juga mendesak masyarakat untuk mengurangi pesanan dari luar negeri setelah pihak berwenang mengklaim bahwa surat dapat menjadi sumber wabah covid-19 baru-baru ini.

Tiongkok, tempat virus pertama kali muncul pada akhir 2019, telah berpegang teguh pada kebijakan ketat menargetkan ‘nol kasus’ covid-19 bahkan ketika seluruh dunia telah dibuka kembali.
Tetapi negara itu sekarang sedang berjuang melawan beberapa wabah kecil, termasuk satu di Beijing saat ibu kota bersiap untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin.

Dalam beberapa hari terakhir, pejabat Tiongkok menyebutkan bahwa beberapa orang dapat terinfeksi oleh paket dari luar negeri, termasuk seorang wanita di Beijing yang menurut pihak berwenang tidak memiliki kontak dengan orang lain yang terinfeksi tetapi dites positif untuk varian yang serupa dengan yang ditemukan di Amerika Utara.

China Post pada Senin menerbitkan sebuah pernyataan yang memerintahkan pekerja untuk mendisinfeksi kemasan luar semua surat internasional "sesegera mungkin" dan mengharuskan karyawan yang menangani surat dan paket asing untuk menerima suntikan vaksin booster.

“Layanan pos juga meminta masyarakat untuk mengurangi pembelian dan pengiriman dari negara dan wilayah dengan risiko epidemi luar negeri yang tinggi. Surat domestik harus ditangani di wilayah yang berbeda untuk mencegah kontaminasi silang,” pernyataan Pos Tiongkok disiarkan oleh China Post, yang dikutip dari Channel News Asia, Selasa, 18 Januari 2022.

Virus korona menyebar melalui partikel cairan kecil yang dihembuskan oleh orang yang terinfeksi.

Baik Organisasi Kesehatan Dunia dan Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah mengatakan bahwa risiko terinfeksi dari permukaan yang terkontaminasi -,yang dikenal sebagai transmisi fomite,- rendah dan semakin kecil kemungkinannya seiring berjalannya waktu.

CDC mengatakan bahwa ada pengurangan 99 persen dalam jejak virus yang tersisa di sebagian besar permukaan dalam tiga hari. Tetapi Tiongkok tidak mau mengambil risiko apa pun, terlebih lagi menjelang Olimpiade Musim Dingin bulan depan.

Negeri Tirai Bambu menggunakan penguncian lokal yang ketat, pengujian massal, dan orang-orang yang melacak aplikasi kesehatan untuk membasmi infeksi segera setelah kasus terdeteksi.

Jutaan orang telah dikurung di rumah mereka di beberapa kota dalam beberapa pekan terakhir setelah kasus varian virus korona Delta dan Omicron berkobar.

Infeksi baru-baru ini telah terdeteksi di daerah yang menerima volume tinggi barang internasional, termasuk di kota pelabuhan timur Tianjin dan wilayah manufaktur selatan Guangdong.

Pada Selasa, Tiongkok melaporkan 127 kasus baru covid-19 yang ditularkan secara lokal.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id