Tiongkok Sebut Legislasi Keamanan Nasional Daerah Diperlukan Hong Kong

    Marcheilla Ariesta - 22 Mei 2020 20:04 WIB
    Tiongkok Sebut Legislasi Keamanan Nasional Daerah Diperlukan Hong Kong
    Pemerintah Tiongkok menganggap Hong Kong sebagai bagian yang tak terpisahkan (Foto:AFP)
    Beijing: Tiongkok memasukkan Legislasi Keamanan Nasional Daerah Administrasi Khusus Hong Kong ke dalam Agenda Konferensi Kongres Rakyat Nasional Tiongkok. Namun, hal tersebut diprotes oleh masyarakat pro-demokrasi di Hong Kong.

    Juru bicara Kedutaan Besar Tiongkok mengatakan keamanan nasional sangat penting untuk stabilitas dan konsolidasi negara. Oleh karenanya, wajib memasukkan Legislasi Keamanan Nasional Daerah di Hong Kong.

    "Menjaga keamanan nasional adalah kepentingan mendasar bagi rakyat dari semua kelompok etnis Tiongkok, termasuk rekan senegara Hong Kong," kata jubir Kedubes Tiongkok di Jakarta yang diterima Medcom.id, Jumat 22 Mei 2020.

    Dia menambahkan jika Hong Kong adalah bagian dari Tiongkok yang tidak bisa terpisahkan. Ini yang membuat Kongres Rakyat Nasional menetapkan dan menyempurnakan sistem hukum dan mekanisme penegakan Hong Kong.

    Tujuannya agar keamanan nasional Hong Kong terjaga. "Serta mematuhi dan meningkatkan sistem 'satu negara, dua sistem'," imbuhnya.

    Menurut Kedubes Tiongkok, hal ini sangat diperlukan.

    "Demi menjaga kemakmuran dan stabilitas jangka panjang Hong Kong juga sesuai dengan kepentingan bersama warga negara asing di Hong Kong, termasuk warga negara Indonesia (WNI)," ungkapnya.

    Namun, Legislasi Keamanan Nasional Daerah Hong Kong ini ditentang oleh masyarakat pro-demokrasi. Menurut mereka, saat ini tidak ada lagi kebebasan di Hong Kong.

    "Ini akhir dari Hong Kong, ini akhir dari sistem 'satu negara dua sistem," kata anggota Partai Sipil Dennis Kowk.

    Aktivis demokrasi Joshua Wong menambahkan legislasi keamanan daerah ini merupakan pesan Tiongkok kepada para pedemo bahwa kebebasan mereka sudah usai.



    (WAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id